IHSG Diperkirakan Menutup Akhir Pekan di Zona Hijau

Media Asuransi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat, 9 Oktober 2020 diperkirakan melanjutkan penguatan di zona hijau untuk menguji level resistance 5.061.

Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG melanjutkan penguatannya setelah ditutup mampu kuat di atas level pivot fibonacci 61,8 persen lima hari terakhir yang berada di level 4.990.

Dia menjelaskan indikator stochastic bergerak memasuki area overbought dengan Indikator MACD yang mulai positif dari histogram dan konfirmasi cross over MACD line. “Sehingga kami perkirakan IHSG berpotensi menguat dengan support resistance 4.990-5.061,” jelasnya dalam riset harian yang dikutip Media Asuransi, Jumat, 9 Oktober 2020.

IHSG Berpotensi Kembali Bearish

Menurutnya, saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ASII, BDMN, CPIN, DOID, ERAA, UNVR, HRUM, INTP, JRPT, PGAS, PNBN, PTBA, PWON, RALS, dan ROTI.

Pada perdagangan kemarin, IHSG (+0,70 persen) naik 34,82 poin ke level 5.039,14 dengan saham-saham sektor aneka Industri (+1,78 persen), Konsumer (+1,00 persen), Infrastruktur (+0,91 persen) menjadi penopang penguatan sejak awal sesi perdagangan. Data penjualan eceran yang rilis sedikit lebih baik dari periode sebelumnya dan perkiraan menjadi salah satu faktor optimisme investor akan pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi. Investor asing melakukan aksi beli bersih sebesar Rp49,94 miliar.

Sementara itu, Bursa Asia ditutup bervariasi dengan penguatan pada bursa saham Jepang dan pelemahan di bursa saham Tiongkok. Indeks Nikkei (+0,96 persen) dan TOPIX (+0,55 persen) naik, sedangkan Indeks Hang Seng (-0,21 persen) tertekan. Ekuitas berjangka AS naik karena pasar global menguat dipicu optimisme bahwa anggota parlemen AS akan mencapai kesepakatan stimulus.

Adapun, Bursa Eropa membuka perdagangan mayoritas menguat kecuali indeks FTSE (-0,20 persen), sedangkan indeks Eurostoxx (+0,12 persen), DAX (+0,22 persen) dan CAC (+0,02 persen) menguat. Data aktivitas impor di Jerman naik signifikan memberikan signal kepercayaan konsumen yang mulai pulih menjadi katalisator optimisme investor. Tweet dari Presiden Donald Trump menganjurkan mendekati sedikit demi sedikit dapat menenangkan pandangan investor.

Poin-poin risalah pertemuan The Fed untuk tanggal 15-16 September menunjukkan beberapa bank di AS mencari perdebatan lebih lanjut tentang masa depan program pembelian aset Federal Reserve. Selanjutnya investor akan menanti data indeks kinerja sektor jasa di Tiongkok untuk menilai aktivitas bisnis di Asia. ACA