IMA Keluarkan  Deklarasi agar Indonesia Keluar dari Covid-19

Media Asuransi – Asosiasi Pemasaran Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Marketing Association (IMA) melahirkan lima deklarasi dalam upaya Indonesia keluar dari pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi yang terjadi sejak akhir Maret 2020. Deklarasi tersebut secara resmi dikeluarkan IMA pada saat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) virtual kedua di tahun 2020 pada Sabtu, 24 Oktober 2020 dengan dihadiri 45 chapter dari berbagai daerah.

Dalam keterangan persnya Presiden IMA Suparno Djasmin menyatakan bahwa IMA mendeklarasikan lima butir upaya untuk Indonesia keluar dari pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi. Berikut isi lima butir Deklarasi tersebut:

1.                  IMA mengajak para pelaku usaha dan konsumen di Indonesia senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dan membantu penerapan dalam kegiatan usaha serta ikut mengkampanyekan sebagai kunci sukses pemulihan ekonomi Indonesia.

2.                  IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk mengkampanyekan berbagai inovasi yang telah berhasil diterapkan di era Covid-19 sebagai insipirasi dan penyemangat para pelaku usaha lain agar bisa ikut berinovasi membentuk ekosistem positif untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

3.                  IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholders lainnya mendorong proses inovasi dan transformasi usaha UMKM terkait cara baru berusaha di era Covid-19, sebagai katalisator pemulihan ekonomi.

4.                  IMA mengajak pelaku usaha dan pemerintah di Indonesia melakukan perluasan dan penguatan digitalisasi layanan publik.

5.  IMA mengajak semua kalangan membangun sinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi  

Suparno Djasmin mengatakan lima butir deklarasi tersebut merupakan hasil urun rembuk serta sumbangan pemikiran dari Hermawan Kartajaya sebagai Honorary Founding Chairman serta chapter IMA di seluruh daerah. “Sebagai pengurus IMA Pusat, kami menyimpulkan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan lima deklarasi ini agar Indonesia benar-benar cepat keluar dari pandemi dan krisis ekonomi,” jelasnya.

Rakernas ini, lanjut Suparno, merupakan upaya konkret IMA sebagai organisasi professional marketing dan entrepreneurship sendiri harus tetap aktif berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik. Terutama mampu memanfaatkan momentum Covid-19 ini untuk beradaptasi, menjaga keberlanjutan bisnis dan juga bersama-sama mengawal fokus IMA.

Rakernas ditutup pidato Menteri Perdagangan dan Pelindung IMA ex officio Agus Suparmanto, yang hadir didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan, dan jajaran Kementerian Perdagangan.

Selain menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan Kementerian Perdagangan membantu pemulihan ekonomi Indonesia, Menteri Perdagangan juga mengajak seluruh anggota IMA aktif mendukung Program Perlindungan Konsumen yang dilakukan Kementerian Perdagangan. Salah satu langkah yang akan dilakukan IMA adalah melakukan seminar Perlindungan Konsumen di industri jasa keuangan dengan melibatkan Otoritas Jasa Keuangan dan asosiasi-asosiasi industri jasa keuangan. Wiek