Ini Alasan Telkom (TLKM) Tutup Marketplace Blanja.com

Media Asuransi – PT Telekom Indonesia (Persero) Tbk menyatakan bahwa penutupan platform e-commerce Blanja.com dilakukan sebagai bagian dari langkah strategis perusahaan dalam mengembangkan lini e-commerce ke depan.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan yang dirilis Kamis, 3 September 2020, emiten berkode saham TLKM itu menegaskan bahwa penutupan Blanja.com dilakukan sejalan dengan rencana jangka panjang perseroan dalam rangka meningkatkan profitabilitas perusahaan.

“Sejalan dengan program transformasi perusahaan, terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2020, marketplace Blanja.com yang berada di bawah naungan Telkom tidak lagi melayani transaksi retail,” jelas manajemen perseroan.

Sejak sebulan sebelumnya, Blanja.com sudah tidak melayani transaksi baru, tetapi bagi transaksi yang eksisting tetap diselesaikan dalam kurn 1 bulan berjalan.

Ke depan, TLKM telah menyusun rencana bisnis untuk pengembangan lini e-commerce mengingat bisnis e-commerce saat ini sedang mengalami peningkatan. Salah satunya adalah dengan inisiasi bisnis e-commerce untuk model bisnis B2B (business to business) di mana segmen ini sudah lama digarap oleh Telkom untuk melayani nasabah-nasabah bisnis dan enterprise.

Manajemen TLKM juga menjelaskan bahwa selama ini kontribusi Blanja.com terhadap pendapatan perseroan relatif kecil dan tidak material sehingga tidak mempengaruhi kelangsungan hidup perseroan secara signifikan. ACA