INOVASI PRODUK: Allianz Permudah Proses Klaim Asuransi di Masa Pandemi

    Media Asuransi – PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mengenalkan sebuah inovasi terbaru untuk pelayanan klaim, yaitu portal klaim digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan.

   Nasabah yang menggunakan portal klaim digital ini dapat merasakan berbagai kemudahan, yaitu proses pengajuan klaim yang lebih mudah, cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan. Pengajuan ditangani langsung oleh claimhandler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui portal klaimdigital.

    Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga membuat terobosan lainnya, yaitu layanan video call interaktif untuk survei klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti. Layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Terutama di saat masih harus menerapkan physicaldistancing, karena nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu secara langsung dengan surveyor Allianz. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien.

   Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Peter van Zyl mengatakan bahwa pandemi global yang juga melanda Indonesia telah mengubah pola hidup masyarakat. Pembatasan sosial juga membuat masyarakat semakin mengandalkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam mendapatkan layanan terkait perlindungan asuransi. Perubahan perilaku konsumen tersebut membuat industri jasa keuangan harus terus melakukan inovasi, sehingga nasabah dapat terlayani dengan baik, meski harus beraktivitas dari rumah.

   Menurut Peter, pandemi ini memberikan tantangan yang unik bagi seluruh industri, terutama industri jasa keuangan. Namun, bagi Allianz Utama hal ini merupakan sebuah pendorong agar terus berinovasi agar setiap produk dan layanan yang ditawarkan sejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan nasabah. Inovasi yang dijalankan oleh Allianz Utama selalu mengedepankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam berasuransi,” ungkapnya di Jakarta, 31 Agustus 2020.

   Dia menambahkaninovasi ini merupakan salah satu upaya Allianz Utama untuk terus melakukan peningkatan layanan bagi nasabah. Hal ini terlihat dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapat rating ‘sangat puas’ dari nasabah. Rating tersebut berdasar survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staf terhadap nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,7 dari total 5 poin.

  Peter van Zyl menegaskan bahwa masukan dari nasabah dan implementasi dari masukan tersebut adalah faktor penting dalam meningkatkan kinerja perseroan. Untuk mewujudkannya, Allianz Utama terus meningkatkan kualitas layanan dan menerapkan digitalisasi agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan. Seluruh penilaian positif yang diberikan oleh nasabah terhadap inovasi produk dan pelayanan Allianz Utama menjadi penyemangat dan landasan bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta memberikan yang terbaik bagi Nasabah,” jelasnya.

    Sebagai upaya mengajak lebih banyak nasabah merasakan kemudahan klaim digital ini, Allianz Utama memberikan E-voucher senilai Rp50.000 untuk 300 klaim dan permintaan survey melalui layanan video call yang valid yang diajukan selama periode program, yaitu 3 Agustus 2020 hingga 30 November 2020. Fir