Kerawanan Bencana Alam dan Perlunya Asuransi

Media AsuransiMasuknya Indonesia dalam lingkaran cincin api atau ring of fire  menjadikannya secara geografis di kelilingi oleh  gunung berapi aktif  dan lempeng Asia dan Indo Australia. Sehingga memberikan kerawanan terjadinya berbagai bencana alam, seperti gunnig meletus dan gempa bumi di sebagian besar wilayah Indonesia. Dan untuk meminimalisir risiko, Asuransi bisa menjadi alternatifnya.

Asuransi memang tidak bisa menggantikan kesedihan atas kehilangan anggota keluarga yang menjadi korban bencana alam. Namun setidaknya dapat meringankan beban yang harus dipikul atas hilangnya harta benda dan tulang punggung keluarga yang turut menjadi korban bencana alam.

Kesadaran berasuransi dan risiko yang tidak terprediksi akibat bencana alam termasuk gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo  yang terjadi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat pada  Jumat dini hari 15 januari 2021  berakibat rusaknya ribuan rumah, tempat ibadah dan infrastruktur lainnya. Tidak hanya itu, tidak sedikit korban jiwa dan luka pada peristiwa memilukan tersebut.

Baca Juga: Gempa Bumi Sulawesi: BAZNAS Kerahkan Tim Medis Dan Perkuat Aplikasi Cari Temu

Risiko tersebut akan terbantu dengan hadirnya asuransi yang dapat mengcover berbagai kemungkinan yang disebabkan oleh bencana alam. Lalu, asuransi apa saja yang penting di miliki untuk meminimalisir kerugian atas terjadinya bencana alam, berikut adalah rangkuman sebagaimana dikutip official website Allianz. Berikut adalah kutipannya:

  1. Asuransi Properti

Bencana alam seperti gempa, kebakaran, atau banjir bisa dipastikan mengakibatkan kerugian pada properti seperti rumah atau toko yang kita miliki. Melindungi aset properti kita dengan asuransi adalah salah satu langkah yang tepat untuk meminimalisir kerugian akibat bencana tidak terduga. Terlebih, selain risiko bencana, asuransi juga bisa melindungi properti yang kita miliki dari perampokan atau kemalingan saat kita tinggal pergi dalam waktu yang panjang seperti saat liburan ataupun mudik.

  1. Asuransi Kendaraan

Kendaraan adalah salah satu aset yang paling sering menjadi korban bencana gempa, mulai dari tabrakan yang terjadi akibat guncangan, tertimpa reruntuhan bangunan, hingga jatuh ke tempat curam seperti jurang atau laut. Untuk itu, mengasuransikan kendaraan adalah salah satu langkah tepat mengantisipasi potensi kerugian akibat bencana. Namun, pastikan asuransi kendaraan yang kamu gunakan mencakup manfaat ini.

Bahkan, tidak hanya kendaraan yang bisa dilindungi oleh asuransi. Penumpang kendaraan yang mengalami akibat dari bencana juga bisa mendapatkan perlindungan, jika saat bencana terjadi penumpang sedang berada dalam kendaraan. Jadi, selain aset, kita pun melindungi diri sendiri dari risiko bencana alam yang mungkin terjadi.

  1. Asuransi Perjalanan

Dalam kasus seperti gempa, tentu banyak wisatawan yang berada di sana saat gempa terjadi. Nah, dalam hal ini, asuransi perjalanan adalah salah satu hal penting yang bisa digunakan untuk meminimalisir kerugian, salah satunya karena manfaat delay pesawat, hal ini adalah hal yang paling sering muncul sebagai akibat dari bencana alam. Asuransi perjalanan bisa memberikan santunan atas semua kerugian yang terjadi akibat penundaan penerbangan dari maskapai yang kita gunakan.

Manfaat lainnya adalah kecelaka saat perjalanan, baik karena kecelakaan transportasi maupun bencana alam. Untuk mendapatkan manfaat perlindungan atas hal tersebut di atas, pastikan asuransi yang dipilih memiliki rekanan rumah sakit yang luas dan berada di sekitar lokasi perjalanan kamu.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan hal yang mutlak dimiliki, meskipun tidak mampu menggantikan kesedihan atas kehilangan anggota keluarga yang menjadi korban bencana. Namun setidaknya dapat meringankan risiko atas kehilangan anggota keluarga yang turut menjadi korban bencana alam. Terlebih, yang menjadi korban adalah tulang punggung keluarga.

Baca Juga: BAZNAS Luncurkan Aplikasi Cari Temu Berbasis Android

Nah, itu dia produk-produk asuransi yang diperlukan oleh kita untuk meminimalisir risiko yang terjadi akibat bencana. Terlebih, kita tidak bisa memprediksi terjadinya bencana alam maupun menghindarinya. Untuk itu, melindunginya dengan asuransi tentunya dapat meminimalisir berbagai risiko yang disebabkan oleh terjadinya bencana alam. One