Media Asuransi – Subway®, gerai sandwich terbesar di dunia resmi menandatangani perjanjian kerja sama dengan Sari Sandwich Indonesia, anak usaha PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MAPB). MAPB sendiri merupakan anak usaha PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang berfokus pada bisnis food and beverages.
Subway adalah restoran cepat saji asal Amerika Serikat yang fokus menjual sandwich, wrap, salad, dan bowls. Gerainya telah hadir di lebih 100 negara dengan total gerai hampir 40.000.
Perjanjian kerja sama dengan MAPB sejalan dengan rencana ekspansi internasional Subway. Di tahap awal, gerai Subway dijadwalkan akan hadir di wilayah Jabodetabek mulai kuartal IV/2021.
Baca juga: Rencana IPO GoTo Mundur Hingga Tahun Depan
Subway sendiri pernah membuka beberapa gerainya di Indonesia pada tahun 1990-an sampai 2000-an. Namun, pada Oktober 2000, pihak Subway memutuskan untuk menutup permanen semua gerainya.
Kerja sama ini akan menambah variasi lini produk MAPB dan menjadi revenue stream baru perusahaan, yang saat ini masih didominasi dari gerai Starbucks. Apabila mendapat respons yang baik dari konsumen, pembukaan gerai kemungkinan akan ditambah yang berpotensi meningkatkan pendapatan dan juga budget capital expenditure (capex) perusahaan.
Sebagai restoran cepat saji yang mengandalkan menu sandwich, nantinya Subway akan berkompetisi langsung dengan Quiznos yang sudah ada di pasaran.
Persaingan di industri makanan sangat ketat, terlebih di masa Pandemi Covid-19 dan di tengah mobilitas yang terbatas. Inovasi dan kreativitas dalam pemasaran akan menjadi kunci penting bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan, di samping tentunya rasa dan harga yang bersaing. Aha