MDRT Day 2020 Digelar Secara Virtual Dihadiri 6.000 Agen

Media Asuransi – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan MDRT Day Indonesia 2020 digelar secara live virtual pada tanggal 24 September 2020. Seminar MDRT Day Indonesia 2020 mengangkat tema khusus untuk mendorong para agen asuransi mencapai pencapaian terbaiknya di tahun 2020, yakni MDRT Up #UpClimb #UpGrade #UpScale.  MDRT (Million Dollar Round Table) merupakan perkumpulan para agen asuransi jiwa profesional yang tersebar di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Meski Pandemi Covid-19, MDRT Day Indonesia 2020 Tetap Digelar

Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2020, Hidayatus Solicha menjelaskan, dalam penyelenggaraan MDRT Day 2020, peserta yang terdaftar dalam seminar dipastikan mencapai 6.000 agen. Minat peserta MDRT Day Indonesia di tahun ini sangat tinggi karena digelar secara virtual. “Dengan demikian peserta yang berpartisipasi dapat tereksposur’ secara baik dalam penyelenggaraan MDRT Day ini,” ungkapnya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis, 24 September.

Menurutnya, peserta tidak hanya dari agen asuransi di Indonesia. Dari luar negeri juga ada. “Karena memang secara virtual mereka dapat mengikuti seminar by phone atau laptop secara online dari mana saja mereka berada. Ini yang membuat peserta tahun ini meningkat pesat,” ujarnya.

Solicha melanjutkan, tema UpClimb diambil agar para agen asuransi yang belum mencapai MDRT diharapkan dapat mencapai MDRT. Sementara yang sudah mencapai MDRT dapat meraih COT (Court of The Table), dan bagi yang telah mencapai COT dapat ke level berikutnya yaitu TOT (Top of The Table). Tema UpGrade artinya, para agen diharapkan dapat mengupgrade dirinya baik skill maupun knowledge. Sementara UpScale yaitu para agen asuransi Indonesia diharapkan bukan hanya jagoan di Indonesia saja tapi juga mampu menjadi agen kelas dunia.

Menurutnya, untuk menjadi anggota MDRT, diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar US$550. Namun nilai investasi tersebut sebanding dengan manfaat yang akan diterima. Anggota MDRT banyak mendapatkan first idea dari praktisinya langsung. Syarat lainnya untuk menjadi anggota MDRT, seorang agen asuransi harus memenuhi target produksi premi sebesar Rp453 juta. Nilai ini akumulasi premi pertama dalam satu tahun. Untuk masuk ke level lebih tinggi yakni COT, jumlah preminya harus mencapai Rp1,3 miliar. “Dan, untuk menduduki level tertinggi yakni TOT, seorang agen harus bisa mengumpulkan premi sebesar Rp2,7 miliar per tahun,” ujar Solicha.

Jumlah Agen Prudential Indonesia yang Jadi MDRT Capai 1.000 Orang

AgenLife Insurance Agents Welcome New Normal amid Covid-19 Pandemic

Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten menambahkan, meski ada pandemi Covid-19, beberapa perusahaan mencatat ada peningkatan jumlah agen yang mencapai level MDRT sama dengan tahun lalu. Artinya, agen tidak menghadapi kesulitan mengakuisisi nasabah baru, karena tetap bisa menjual secara digital di masa pandemi. Ini yang membuat kinerja sektor asuransi cepat pulih. “Dengan begitu kami yakin berdampak pada target anggota MDRT di Indonesia yang ditargetkan akan melampaui 3.500 di tahun depan,” jelasnya.

Menurut Miliana, era digital sangat membantu penetrasi agen dalam menjual produk asuransi. Maka beruntung ketika pandemi Covid-19 terjadi di era digital. Semua agen yang tidak familiar dengan produk layanan digital, dipaksa untuk belajar dan memanfaatkan teknologi dalam menjual produk asuransi. Munculnya fintech dan digitalisasi di sektor asuransi jiwa justru mendukung perkembangan asuransi jiwa karena memudahkan dalam bertransaksi, edukasi, dan sosialiasi.  

Jadi, lanjut dia, saat ini agen harus cepat beradaptasi. Setiap hari kita dipaksa untuk akrab dengan zoom meeting, baik dengan tim maupun bertemu secara virtual dengan nasabah, karena permintaan nasabah untuk tatap muka secara langsung dengan agen sudah menurun. Teknologi akan semakin banyak membuat orang semakin melek asuransi, karena teknologi-teknologi baru ini sangat mendukung industri asuransi,” jelas Miliana.

Per Juli 2020, jumlah anggota MDRT Indonesia sebanyak 2.745 orang atau meningkat 12 persen dibandingkan tahun 2019 yang berjumlah 2.459 orang. Indonesia tahun ini masuk dalam urutan delapan top member seluruh dunia. Sepuluh besar negara dengan jumlah anggota MDRT terbesar antara lain Hong Kong menjadi yang teratas dengan jumlah 10.858, diikuti China 9.848, United States 7.349, Jepang 7.158, Taiwan 6.286, Vietnam 3.051, Thailand 2.803, Indonesia 2.745, Republic of Korea 2.513, dan India 2.494. “Untuk tahun 2021 kami menargetkan jumlah anggota MDRT Indonesia dapat mencapai lebih dari 3.500 member,” ungkap Miliana. Wiek

%d bloggers like this: