OJK Terapkan WFH untuk Dukung Gerakan Pengendalian Persebaran Virus Covid-19  

    Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hari ini, 17 Maret 2020, memerintahkan pegawai OJK mulai bekerja dari rumah atau WFH (work from home). Hal ini disampaikan Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam keterangan pers. Disebutkan bahwa lebih dari 70 persen pegawai yang bekerja dari rumah diwajibkan tidak keluar rumah dan tetap menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

   Untuk memastikan tetap berfungsinya layanan industri jasa keuangan, pegawai OJK yang masuk kantor diminta tetap menjaga kesehatan, menghindari keramaian, dan diperpendek jam kerjanya dari semula pkl 07.10-16.45 WIB menjadi pkl 07.40-15.45 WIB. “Semoga OJK dapat berkontribusi aktif untuk mendukung arahan Presiden mengendalikan persebaran virus covid-19. Semoga Allah SWT melindungi kita semua,” katanya.

     Selain itu, untuk sementara waktu Kontak OJK 157 (@kontak157) menghentikan Layanan Konsumen melalui kanal layanan kunjungan langsung yang diberlakukan sejak 16 Maret 2020 hingga situasi dinilai kondusif. Layanan Kontak OJK 157 tetap dapat diakses melalui telepon, email, dan Whatsapp. Konsumen atau masyarakat dapat kembali menghubungi Kontak OJK 157 hari Senin-Jum’at pkl 07.45-15.45 WIB untuk menyampaikan pengaduan, meminta penjelasan, serta menyampaikan informasi. Layanan lainnya dapat diakses melalui surat elektronik ke alamat konsumen@ojk.go.id, Whatsapp pada nomor 081157157157 atau melalui surat.

    Sedangkan layanan gerai SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) mulai tanggal 18 Maret 2020 dilakukan dengan cara sebagai berikut: pertama, layanan permintaan informasi debitur Gerai SLIK secara langsung ditiadakan. Kedua, debitur dapat meminta informasi debitur SLIK dengan cara mengisi formulir antrian online di laman https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi. Ketiga, setelah mendapatkan persetujuan yang dikirimkan melalui e-mail, debitur menghubungi nomor whatsapp OJK-SLIK yang tertera di-e-mail untuk dilakukan verifikasi data. Keempat, setelah proses verifikasi, informasi debitur SLIK akan disampaikan melalui e-mail. Edi