PasarPolis Raih Pendanaan Seri B Terbesar di Industri Insurtech se-Asia Tenggara

  Media Asuransi – PasarPolis, perusahaan insurance technology (insurtech), mendapat pendanaan Seri B sebesar 54 juta dolar AS, melampaui target awal perusahaan. Komitmen investasi ini akan dimanfaatkan untuk mewujudkan visi dan rencana pertumbuhan bisnisnya yang agresif.

     Pertumbuhan signifikan perusahaan, serta kinerja penjualan polis yang impresif, menjadi kunci keberhasilan dalam mendapatkan kepercayaan dari investor lokal dan global yang terkemuka.

  Dalam keterangan resmi, 2 September 2020, para investor yang berpartisipasi antara lain investor finansial global terkemuka seperti LeapFrog Investments dan SBI Investment, perusahaan modal ventura yang berfokus pada pasar Indonesia seperti Intudo Ventures dan AlphaJWC, serta perusahaan global Xiaomi. Investor pada putaran Seri A juga kembali berpartisipasi dalam pendanaan kali ini. Capaian luar biasa ini pun menandai pendanaan Seri B terbesar bagi perusahaan insurtech di Asia Tenggara.

     Pertumbuhan yang baik meski di tengah pandemi dan kondisi ekonomi yang menantang membuktikan posisi PasarPolis sebagai pemain terdepan di industri. Sejak pendanaan Seri A pada Agustus 2018 lalu, PasarPolis telah mencatat pertumbuhan penjualan polis hingga lebih dari 80 kali lipat.

     Selain itu, jumlah mitra strategis PasarPolis juga bertambah empat kali lipat dalam periode yang sama. PasarPolis juga akan terus meningkatkan penetrasi asuransi di negara-negara operasionalnya dengan memperluas jaringan keagenan yang kini telah mencapai 10.000 agen.

    Founder dan CEO PasarPolis, Cleosent Randing mengatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada para investor atas kepercayaan terhadap PasarPolis. Dengan dukungan dari LeapFrog Investments sebagai private equity terkemuka dunia, perusahaan global Xiaomi, serta para investor lainnya dengan keahliannya masing-masing, kami akan terus memajukan industri melalui inovasi dan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Dukungan dari para investor kami merupakan pengakuan yang berarti atas dampak positif yang telah kami hadirkan untuk masyarakat, sekaligus menjadi pendorong untuk terus menghadirkan perlindungan asuransi yang inklusif untuk semua,” katanya.

     Saat ini, tingkat penetrasi asuransi di ASEAN masih sangat rendah, yaitu sekitar 3,6 persen. Cleo menambahkan, “Kami yakin melalui kolaborasi dengan para investor lokal dan global terkemuka ini, PasarPolis mampu meningkatkan penetrasi asuransi di Asia Tenggara termasuk Indonesia melalui perluasan akses masyarakat terhadap produk asuransi yang inklusif, terjangkau, dan efisien,” tambahnya.

   Posisi LeapFrog Investments sebagai pemimpin global dalam impact investing akan mendukung komitmen PasarPolis dalam membuka akses asuransi seluas-luasnya, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum memahami dan merasa tidak membutuhkan perlindungan asuransi. Di sisi lain, keahlian teknologi Xiaomi akan membantu PasarPolis dalam menghadirkan asuransi secara lebih holistik dan mudah diakses lewat handphone dan perangkat lainnya, atau yang dinamakan mobile-first insurance.

     Pada tahun 2019, PasarPolis menerbitkan lebih dari 650 juta polis untuk masyarakat yang belum atau jarang menggunakan layanan asuransi, termasuk pengemudi ojek online, kurir pengiriman barang, dan pelaku UMKM online. Melalui kolaborasi dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terkemuka di Asia Tenggara, PasarPolis mampu mengembangkan produk yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan masyarakat.

    Cleosent Randing menjelaskan, PasarPolis telah menjadi jembatan antara asuransi dengan masyarakat, khususnya yang kurang paham dan belum merasakan manfaat layanan asuransi. Melalui pendanaan ini, perseroan akan terus melanjutkan misi tersebut baik di Indonesia, Thailand, maupun Vietnam tempat kami beroperasi. Pergeseran perilaku konsumen ke arah platform digital ditambah kesadaran berasuransi masyarakat yang meningkat terutama sejak pandemi Covid-19 membuat kehadiran insurtech semakin penting. Dalam jangka panjang, kami akan membangun perusahaan insurtech yang terus menghadirkan layanan lebih efisien, cepat, berkelanjutan, serta dicintai oleh semua,”  jelasnya.

     Lebih lanjut dijelaskan, PasarPolis memiliki peluang sangat besar untuk memperluas jangkauan layanannya serta untuk menciptakan dampak sosial yang positif. Hal ini antara lain terindikasi dari jumlah pelanggan baru yang melebihi empat juta pelanggan di bulan Juni 2020 saja, yang mereka layani bersama lebih dari 30 perusahaan asuransi dan 25 partner digital. Semua ini berkat pengalaman seamless yang diberikan PasarPolis untuk pelanggan, terlebih untuk firstbuyers yang sebelumnya hanya memanfaatkan teknologi digital secara terbatas.

     PasarPolis telah membangun jaringan keagenan yang mencakup lebih dari 10.000 agen di tiga negara, yaitu Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Dengan semakin menguatnya jaringan ini PasarPolis terus memastikan agar pengguna dapat merasakan pengalaman terbaik dari hulu ke hilir, dari proses pemilihan produk hingga proses klaim. Melalui gabungan teknologi terkini dengan sentuhan manusia dalam layanannya, PasarPolis akan terus menjadi pemimpin di industri khususnya dalam menghadirkan perlindungan yang inklusif dan bebas hambatan. Edi