Presdir Asuransi Bintang Pimpin AAUI Tiga Tahun ke Depan

    Asosiasi Asuransi Umum lndonesia (AAUI) menetapkan Hastanto Sri Margi Widodo sebagai Ketua Umum AAUI periode 2020-2023, menggantikan Dadang Sukresna yang telah habis masa jabatannya. Widodo terpilih setelah dilakukan proses pemungutan suara oleh seluruh anggota dalam kongres ke VI AAUI di Jakarta, 11 Maret 2020.

    Dalam mekanisame pemilihan, para peserta dipersilakan memilih bakal calonnya masing-masing. Hasilnya, terdapat 11 bakal calon yang mendapatkan suara. Dari sebelas bakal calon tersebut, dikerucutkan menjadi tiga pemilik suara terbanyak sebagai calon ketua yang baru, yaitu HSM Widodo, Adi Pramana, dan Christian Wanandi. Karena ada pengunduran diri Adi Pramana dan Christian Wanandi dalam putaran terakhir, akhirnya HSM Widodo ditetapkan sebagai Ketua AAUI terpilih.

   Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe menjelaskan bahwa kongres tersebut dilakukan sehubungan dengan berakhirnya Kepengurusan AAUI masa bakti 2017-2020 dan merujuk AD-AAUI pasal 19 ayat (3) bahwa pada akhir masa bakti, Dewan Pengurus Pusat menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban kepada Kongres dan Pasal 12 (ayat 2) poin 2.1., 2.2., 2.3. dan 2.4 dinyatakan bahwa kongres mempunyai kewenangan untuk menetapkan dan/atau merubah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, menerima/dan atau mengesahkan Iiaporan pertanggung jawaban masa bakti Dewan Pengurus Pusat termasuk pengesahan laporan keuangan tahunan tahun buku terakhir masa bakti kepengurusan; menetapkan Program Kerja Pokok untuk satu periode kepengurusan; memilih, mengangkat dan memberhentikan Ketua AAUI.  “Dalam sebulan ke depan, Ketua Umum terpilih akan menetapkan pengurus AAUI yang baru. Kita berharap posisi AAUI tetap memiliki fungsi konsolidasi di industri asuransi dan tetap menjadi partner regulator, sekaligus untuk melakukan sosialisasi di tahun-tahun mendatang,” ungkap Dody.

   Sementara itu, HSM Widodo sebagai Ketua AAUI yang baru, menganggap ini adalah sebuah amanah yang cukup berat diemban. Namun dirinya mengaku kalau amanah ini akan dijalankannya sekuat tenaga. Dia berharap ke depan industri asuransi umum bisa berjalan lebih baik lagi. Dalam waktu dekat, kata Widodo, AAUI akan membentuk centre of excellent yang akan memberikan jasa actuarial, pemodelan data, dan lain sebagainya. “Ke depan kita akan lebih tingkatkan promosi terhadap asuransi umum. Kita akan dorong perusahaan-perusahaan asuransi umum. Kita ingin memiliki industri yang sangat baik,” ujar Widodo setelah pemilihan berlangsung.

  HSM Widodo saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Asuransi Bintang Tbk. Pengalamannya di industri asuransi tidak diragukan lagi, tercatat sederet perusahaan asuransi pernah menjadi tempatnya berkarir, diantaranya Zurich Group Indonesia, Manulife Indonesia, Asuransi Cigna, hingga di Asuransi Bintang.

   Pada kongres ini pengurus AAUI juga memberikan penghargaan kepada tokoh asuransi atas dedikasi dan pemikirannya untuk industri asuransi umum yaitu kepada Frans Sahusilawane yang diwakili oleh puterinya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pengawas AAUI Rudy Wanandi dan Ketua AAUI Periode 2017-2020 yaitu Dadang Sukresna. Fir