PTPP Alokasikan Capex 2021 sebesar Rp6,2 Triliun

Media Asuransi PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp6,2 triliun pada 2021. Rencananya, capex tersebut akan dialokasikan untuk membiayai berbagai proyek perseroan di tahun 2021. Proyek pengembangan jalan tol mendapatkan porsi terbesar dengan alokasi capex mencapai 37 persen.

Presiden Komisaris PT PP (Persero) Tbk (PTPP), Andi Gani Nena Wea mengatakan, capex tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat dibandingkan dengan alokasi di 2020. Kenaikan capex tersebut tidak lepas dari proyek eksisting yang sedang dikerjakan perseroan. Di antaranya adalah pengembangan proyek jalan tol sebesar 37 persen, sisanya dialokasikan untuk proyek pengembangan properti dan residential sebesar 9 persen, pengembangan kawasan dan bandar udara sekitar 12 persen, dan pengembangan investasi melalui anak usaha 33 persen.

“Anggaran capex tahun ini naik hampir dua kali lipat dan sebagian besar digunakan untuk membiayai proyek jalan tol. Terbesar kita anggarkan untuk proyek jalan tol. Nilainya sekitar 37 persen dari capex tahun ini,” kata Andi  Gani Nena Wea dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat 15 Januari 2021.

Baca Juga: Jawab Tantangan Pandemi Covid-19, OJK Fokus 5 Prioritas Kebijakan

Menurut Andi, ditengah pandemic Covid-19 perseroan optimistis dapat menambah proyek-proyek baru di tahun 2021 ini. Terlebih, program vaksinasi yang sudah dilaksanakan sejak 13 januari 2021 lalu memberikan harapan bagi masyarakat dan pemerintah dan juga pelaku ekonomi untuk menatap pemulihan ekonomi dengan cepat.

“Tahun ini kami optimistis mampu mencapai target kinerja keuangan yang positif. Selain pengembangan jalan tol, proyek lainnya yang diharapkan mampu mendongkrak kinerja keuangan perseroan, antara lain kawasan-kawasan industri, pengembangan kawasan pariwisata, termasuk akses jalan, sistem penyediaan air minum (SPAM), dan masih banyak lainnya,” ungkap Andi Gani.

Baca Juga: Anak Usaha KRAS Krakatau Bandar Samudera Bersiap IPO

Tahun 2021, menurut dia, PTPP optimistis dapat merealisasikan target kinerja keuangan dan target kontrak baru didukung dengan mulai dilaksanakannya program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Langkah ini, diharapkan menjadi awal yang baik untuk pembangunan nasional.

“PTPP siap memberikan berkontribusi lebih baik untuk bangsa di tahun 2021 dengan semangat baru. PTPP sangat optimistis target tahun ini dapat dicapai sepenuhnya. Kami sangat optimistis di tahun ini saham PTPP akan terus naik karena adanya proyek-proyek baru yang akan dikerjakan,” pungkas Andi. One