Reliance Sekuritas: IHSG Memasuki Area Jenuh Beli

Media Asuransi – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan sudah memasuki area jenuh beli dan berpeluang terkoreksi jangka pendek.

Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk Lanjar Nafi mengatakan, pergerakan IHSG secara teknikal membentuk pola northern star dengan indikasi bergerak menjenuh dan berpeluang terkoreksi jangka pendek. 

Dia mengatakan, indikator stochastic berpotensi membentuk dead-cross pada area overbought dengan RSI yang memiliki momentum yang berada di area jenuh beli. “Sehingga secara teknikal kami perkirakan IHSG berpotensi terkoreksi pada support resistance 6.322-6.400,” katanya melalui riset harian yang dikutip Media AsuransiRabu 13 Januari 2021. 

Baca Juga:

Menurutnya, saham-saham yang masih cukup rendah dapat dicermati secara teknikal di antaranya; JSMR, LCPK, LPPF, MAIN, MAPI, TBIG, TOWR, INDF, dan ICBP.

Kemarin, IHSG (+0,20%) naik 12,73 poin ke level 6.395,67 dengan saham-saham di sektor Property (+1,59%) dan Keuangan (+1,01%) naik menahan IHSG pada zona positif di saat saham-saham pertanian (-2,10%) dan Infrastruktur (-1,27%) alami koreksi. 

Lanjar menjelaskan, seakan mengalami rotasi, saat ini giliran saham-saham yang related dengan suku bunga mengalami penguatan. Sektor properti yang diuntungkan dengan adanya era suku bunga rendah saat ini alami rebound mengiringi saham-saham big cap yang melanjutkan penguatannya. “Investor asing melakukan aksi beli bersih kembali pada saham BBRI sebesar Rp724,38 miliar dengan total catatan net buy investor asing sebesar Rp798,23 miliar.”

Sementara itu, mayoritas indeks saham Asia ditutup menguat. Indeks Nikkei (+0,09%), TOPIX (+0,16%), Hang Seng (+1,32%) dan CSI300 (+2,85%) naik. Indeks CSI300 menguat ke level tertinggi 13 tahun terakhir didorong oleh lonjakan saham keuangan dan nilai tukar yuan yang mencapai level tertinggi sejak tahun 2018 mengiringi prospek pertumbuhan yang optimistis.

Adapun, Bursa Eropa membuka perdagangan dengan bervariasi. Indeks Eurostoxx (+0,07%), DAX (+0,20%) dan CAC40 (+0,05%) naik sedangkan indeks FTSE (-0,31%) turun. Saham-saham energi memimpin kenaikan di saat Harga komoditas naik karena dolar stabil. Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,8% menjadi US$52,60 per barel bertahan pada zona di atas level psikologis US$50 per barel. 

“Selanjutnya investor akan investor akan menanti data laporan persediaan minyak mentah EIA dan hasil pidato Bank Sentral Eropa pada konferensi pers mengenai kebijakan pemulihan ekonomi di tengah peperangan melawan pandemi,” jelas Lanjar. Aca