RUPST Bank Danamon Putuskan Dividen 35 persen dari Laba Bersih Tahun 2019

     Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) yang dilaksanakan di Jakarta, 23 Maret 2020, antara lain menyetujui pembayaran dividen tahun buku 2019, Laporan Tahunan serta Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2019, dan pengesahan Laporan Tugas Pengawasan Tahunan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019. RUPST menyetujui pembayaran dividen tahun buku 2019 sebesar 35 persen dari laba bersih (konsolidasi) perseroan setelah pajak (Rp4,07 triliun) atau sebesar Rp145,87 per lembar saham. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki dalam keterangan resmi yang diterima Media Asuransi

     Lebih lanjut ditambahkan, 10 persen dari laba bersih akan dibagikan sebagai dividen tambahan terkait proses dari divestasi PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. Sedangkan satu persen dari laba bersih akan dialokasikan sebagai cadangan umum sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perseroan Terbatas. Sisa dari laba akan dibukukan sebagai laba ditahan Perseroan. “Perseroan akan terus berupaya untuk meningkatkan imbal hasil bagi para pemegang saham dengan berfokus pada dividen dalam mewujudkan keseimbangan optimal antara modal ekuitas kuat dengan investasi strategis untuk pertumbuhan,” kata Itagaki.

      Selain menyetujui pembayaran dividen, RUPST menyetujui pengangkatan kembali seluruh anggota direksi, beberapa dewan komisaris dan mengangkat kembali seluruh dewan pengawas syariah yang masa jabatannya telah berakhir pada RUPST Tahun 2020 tersebut untuk periode sampai dengan ditutupnya RUPST perseroan yang akan diselenggarakan pada tahun 2023. Dengan demikian, susunan anggota dewan komisaris, dewan direksi dan dewan pengawas syariah adalah: Dewan Komisaris: Komisaris Utama Takayoshi Futae, Wakil Komisaris Utama (Independen) JB Kristiadi Pudjosukanto. Komisaris: Masamichi Yasuda, Noriaki Gato, dan Nobuya Kawasaki. Komisaris Independen: Made Sukada dan Peter Benyamin Stok. Dewan Direksi: Direktur Utama Yasushi Itagaki, Wakil Direktur Utama Michellina Laksmi Triwardhany dan Honggo Widjojo Kangmasto. Direktur: Herry Hykmanto, Adnan Qayum Khan, Rita Mirasari, Heriyanto Agung Putra, Dadi Budiana, Muljono Tjandra, dan Naoki Mizoguchi. Dewan Pengawas Syariah: HM Din Syamsuddin (ketua), Hasanudin dan Asep Supyadillah sebagai anggota.

     Dalam keterangan resmi, Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki juga menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan nasabah dan karyawan serta merujuk panduan dari Kementerian Kesehatan, pihaknya menerapkan beberapa tindakan dengan prinsip pencegahan, pembatasan, dan keberlangsungan operasional. Sebagai langkah-langkah pencegahan, perseroan menerapkan beberapa kebijakan untuk mencegah penyebaran virus.

     Perseroan melakukan pembatasan perjalanan dinas (domestik dan internasional), termasuk bagi pengunjung dari Kantor Pusat MUFG dan kantor-kantor wilayah. 

    Pembatasan pertemuan langsung dengan pihak eksternal dan memanfaatkan fasilitas video atau conference call. Pembatasan jumlah peserta meeting pada kantor-kantor perseroan. Menghimbau cuci tangan secara berkala dan penggunaan hand sanitizers, yang diletakkan pada beberapa titik di cabang dan kantor perseroan. Penerapan Work from Home(WFH) untuk karyawan. Pemeriksaan temperatur dengan thermo gun untuk semua karyawan dan pengunjung kantor serta cabang. Pembukaan Pojok Kesehatan (Health Corner) untuk kebutuhan medis karyawan dan pengunjung kantor perseroan. Tes medis bagi karyawan yang menunjukkan gejala (demam, batuk, flu). Sterilisasi secara berkala pada kantor dan cabang.

     Menurut Yasushi Itagaki, untuk mendukung praktik social distancing, nasabah memiliki pilihan untuk menggunakan layanan perbankan elektronik dan digital untuk kebutuhan dan kenyamanan bertransaksi seperti D-Bank, Danamon Online Banking, SMS Banking dan ATM. “Perseroan akan terus memonitor situasi COVID-19 dan akan mengambil tindakan preventif jika diperlukan,” katanya. Edi