Site icon Media Asuransi News

Studi OVO: Lebih dari Separuh Orang Tidak Memiliki Asuransi Mobil

Media Asuransi – Hasil studi OVO menunjukan bahwa lebih dari separuh orang tidak memiliki asuransi mobil. Sedangkan bagi yang sudah memiliki asuransi mobil, mereka menilai produk tersebut masih dapat ditingkatkan.

Pemerintah terus berupaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dengan menjalankan berbagai kebijakan strategis. Salah satu upayanya adalah melalui pemberian insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor, yang sukses mendorong penjualan ritel mobil secara cukup signifikan. Terbukti volume penjualan naik 65,1 persen di Juni 2021 dibandingkan kinerja penjualan Februari 2021.

Namun sayangnya pembelian mobil baru ini tidak berbanding lurus dengan upaya memproteksi atau mengasuransikannya. Berdasarkan temuan OVO, setidaknya 53 persen pengguna kendaraan mobil mengatakan saat ini mereka tidak menggunakan asuransi mobil. Beberapa dari mereka menyebut bila alasan tidak memiliki asuransi mobil karena premi asuransi tidak bisa dicicil dan tidak bisa mengajukan klaim secara online.

|Baca juga: OVO Paling Banyak Digunakan Emak-Emak di Indonesia

Melihat hal tersebut, OVO sebagai salah satu platform pembayaran digital, rewards dan layanan finansial terdepan di Indonesia terus berinovasi mengembangkan layanan guna menjawab kebutuhan masyarakat. Khususnya di tengah kondisi pandemi Covid-19, dengan menghadirkan produk asuransi kendaraan bermotor yaitu Asuransi Mobil untuk memfasilitasi serta memberikan pilihan bagi masyarakat.

Produk ini diterbitkan melalui Asuransi Simas Insurtech, didukung oleh PT Futuready Insurance Broker dan dapat diakses melalui aplikasi OVO di layanan OVO | Proteksi. “Setelah menghadirkan Proteksi Layar Smartphone, Proteksi Sepeda, dan Asuransi Motor, kali ini OVO kembali menjawab kebutuhan pengguna dengan menghadirkan produk asuransi mobil,” kata Head of Corporate Communications OVO, Harumi Supit, dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Jumat, 20 Agustus 2021.

Harumi menambahkan, peluncuran produk asuransi mobil ini menegaskan komitmen OVO dalam menghadirkan layanan finansial yang lebih terjangkau. “Kami menyadari bila kebutuhan asuransi mobil semakin meningkat terutama di kota-kota besar. Keunggulan dari produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh OVO adalah pengguna dapat membayar preminya per bulan dan tentunya klaim bisa dilakukan secara online lewat aplikasi OVO. Di sisi lain, premi asuransi mobil lain mayoritas menawarkan produk tahunan, sehingga pengeluaran pengguna lebih besar,” jelasnya.

Hasil studi OVO juga mengungkapkan hal yang menjadi pertimbangan utama saat akan mengasuransikan mobil mereka. Sekitar 62 persen responden mengatakan mereka ingin asuransi yang memiliki banyak pilihan bengkel rekanan, 51 persen menyebut ingin harga premi yang bersaing, dan 40 persen ingin ada proses klaim asuransi secara online.

|Baca juga: Asuransi Mobil Mulai Pulih Walau Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, produk asuransi mobil yang dihadirkan oleh OVO akan memproteksi pengguna dari kerugian atau kerusakan kecil sampai total pada mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, pencurian, perbuatan jahat, dan kebakaran, dengan premi mulai dari Rp364.000 per bulan. Sementara untuk proteksi dari kehilangan dan kerusakan total, preminya mulai dari Rp66.000 per bulan. Harga premi tersebut merupakan premi dari mobil dengan harga Rp210 juta untuk plat DKI Jakarta. Selain itu, produk asuransi mobil ini menjangkau sekitar 500 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.

Seperti produk asuransi OVO | Proteksi yang telah diluncurkan sebelumnya, yaitu Proteksi Layar Smartphone, Proteksi Sepeda, dan Asuransi Motor, OVO percaya produk baru ini dapat membantu pengguna dalam memenuhi kebutuhan finansial digital mereka, terutama pada akses asuransi dengan memberikan proteksi dari risiko yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Ke depannya, OVO secara bertahap akan terus mengembangkan strategi bisnis untuk menjadi penyedia layanan finansial yang komprehensif sesuai visi perseroan untuk mengakselerasi inklusi keuangan serta mensejahterakan hidup masyarakat Indonesia. Edi

Exit mobile version