Wow! Permintaan Lelang SUN Tembus Rp104,7 Triliun

Media Asuransi – Pemerintah mencatatkan rekor baru penawaran masuk dalam lelang Surat Utang Negara (SUN) yang digelar kemarin, Selasa, 17 November 2020. Penawaran masuk tercatat mencapai Rp104,7 triliun atau merupakan incoming bids tertinggi keempat sepanjang tahun 2020.

Melalui keterangan resminya, Direktur SUN Ditjen Pengelolaan, Pembiayaan, dan Risiko Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengatakan, tingginya penawaran masuk tersebut merupakan dampak positif dari euforia pasar keuangan global dan domestik terkait keberhasilan uji coba vaksin Covid-19 serta hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat.

“Permintaan investor mengalami kenaikan yang sangat pesat yaitu sebesar 57,6 persen apabila dibandingkan dengan permintaan pada lelang SUN sebelumnya. Bid to cover ratio juga meningkat secara signifikan dari 2,24 kali pada lelang sebelumnya menjadi 4,26 kali di lelang hari ini (kemarin),” jelasnya seperti dikutip Media Asuransi, Rabu, 18 November 2020.

Dia menjelaskan, investor asing membanjiri lelang SUN kemarin yang merupakan lelang kedua terakhir pada tahun 2020. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan bid asing yang cukup signifikan terutama pada tenor panjang, sehingga total bid asing naik hampir 2 kali lipat dari 11,5 persen pada lelang sebelumnya menjadi 20,7 persen.

“Masuknya investor asing berdampak pada semakin kompetitifnya imbal hasil yang ditawarkan oleh investor pada lelang pada hari ini (kemarin). Hal ini tecermin dari penurunan WAY untuk seluruh tenor, khususnya untuk SUN tenor 5-20 tahun dengan penurunan mencapai 15 bps-45 bps dibandingkan dengan lelang SUN sebelumnya,” jelas Deni.

Dengan mempertimbangkan yield /imbal hasil SBN yang wajar di pasar sekunder serta rencana kebutuhan pembiayaan sampai dengan akhir tahun, termasuk untuk pembiayaan program Pemulihan Ekonomi Nasional, jelasnya, Pemerintah memutuskan untuk memenangkan permintaan sebesar Rp24,6 triliun. 

“Sesuai dengan kalender penerbitan SBN melalui lelang, terdapat satu kali lagi lelang penerbitan SUN di tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2020,” pungkas Deni. ACA

Berikut perincian hasil lelang SUN tersebut: esign Press_Release 17 November 2020

Leave a Reply