Kamera Mirroless Mungil dari FujiFilm

Fujifilm merilis kamera mirrorless kelas menengah Fujifilm X-E4 pada awal Maret ini. Diperkenalkan sebagai kamera paling kompak yang mudah untuk dibawa. Kamera ini memiliki dimensi 121,3 x 72,9 x 32,7 mm. Hadir dalam dua opsi warna (hitam dan putih), Fujifilm X-E4 dilengkapi dengan ISP dan prosesor generasi terbaru, serta kecepatan fokus yang instan.

Salah satu peningkatan yang signifikan dari seri sebelumnya, adalah penggunaan layar 3 inci LCD dengan input layar sentuh. Tak hanya itu, layar milik Fujifilm X-E4 ini juga dapat dilipat ke atas 180 derajat. Memudahkan pengambilan swafoto dan lebih pas untuk vloging, meski bakal terganggu bila sedang memanfaatkan hotshoe di bodi atasnya. Resolusinya juga lebih tinggi, mencapai 1,62 juta titik. Bobot kamera ini hanya 364 gram, atau 448 gram dengan lensa baru FUJINON XF27mm R WR yang diluncurkan bersamaan dengan Fujifilm X-E4. Sistem phase-detection autofocus-nya bisa mengambil fokus secara cepat, hingga 0,02 detik saja, dengan cakupan fokus hampir sepenuhnya dari bidang sensor. Sistem fokusnya juga dapat mengikuti wajah atau mata objek yang ingin ditangkap secara otomatis.

Fujifilm X-E4 dijual seharga US$849 untuk bodi saja. Atau opsi kit dengan lensa 27 mm f/2.8 yang juga baru diperkenalkan, dibanderol US$1.049. Wahyu Widiastuti