Irfan Hakim: Harus Lebih Pintar Kelola Uang di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia sampai saat ini telah menimbulkan dampak negatif. Hingga akhirnya berbagai permasalahan muncul, bukan saja masalah kesehatan tapi juga ekonomi dan hampir semua lapisan masyarakat merasakan imbasnya. Bukan saja masyarakat kecil yang semakin terpuruk perekonomiannya, kalangan selebriti pun ikut terkena imbasnya. Salah satu artis yang cukup merasakan dampaknya adalah Irfan Hakim.

Aktor yang juga model dan presenter ini sudah lebih dari 7 bulan merasakan betapa beratnya beban ekonomi yang dia hadapi di masa pandemi ini. Bukan semata karena dia harus menafkahi keluarganya saja, karena dia juga harus bertanggung jawab atas para karyawannya dan juga binatang-binatang peliharaannya.

Pria kelahiran Bandung 46 tahun ini, sejak ada pandemi Covid-19 harus kehilangan beberapa usaha kulinernya dan hanya tersisa beberapa saja. Dan yang tersisa itupun tetap buka karena terpaksa, agar karyawan tetap dapat bekerja. “Berat sih memang menghadapi kondisi saat ini, tapi mau gimana lagi, semuanya harus tetap dijalani. Kalau kita diam saja, malah tambah parah kondisinya,” ungkap pemilik nama lengkap Irfan Hakim Firmansyah itu.

Hal yang terpenting sekarang, ungkap dia, bagaimana caranya bisa tetap bertahan jangan sampai terlalu terpuruk. “Kalau ada kesempatan job kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menambah penghasilan, selama bisa kita kerjakan pastinya,” ujarnya.

Dan yang terpenting, menurut ayah dari lima orang anak ini, dalam kondisi sulit seperti sekarang adalah harus pintar-pintar mengelola keuangan. Saat ini untuk hal-hal yang utama saja. Di luar dari itu seperti belanja-belanja yang bukan kebutuhan pokok harus kita lupakan dulu. Jadi selain harus mengencangkan ikat pinggang kita juga harus dapat menahan hawa nafsu. Arief Wahyudi