Ivan Gunawan: Beralih ke Bisnis Online

Sembilan bulan lebih Indonesia berada dalam kungkungan pandemi Covid-19. Belum ada yang dapat memastikan sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Alih-alih pembatasan sosial dilakukan, tidak juga membuat keadaan membaik. Jumlah orang yang terpapar Covid-19 terus bertambah, belum terlihat adanya titik terang penurunan jumlah pasien yang terpapar virus ini.

Satu hal yang terlihat jelas adalah dampak perekonomian dari hari ke hari yang semakin melemah, yang sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak terkecuali masyarakat dari kalangan selebriti.

Ivan Gunawan, perancang busana yang juga presenter keturunan Jawa, Tionghoa, dan Belanda ini adalah salah satu selebriti yang cukup merasakan imbas dari pandemi Covid-19. Beberapa gerai usaha busana yang dimilikinya terpaksa harus tutup dan beralih ke bisnis online.

Saat di temui awak media di salah satu stasiun TV beberapa waktu lalu, Ivan sapaan pria bertubuh besar ini mengatakan, saat ini dia telah menutup semua usaha butiknya dan memilih untuk memasarkan baju-baju yang dibuatnya secara online. “Ya, mau gimana lagi. Selama pandemi, butik saya benarbenar sepi, sementara karyawan harus tetap digaji. Solusinya untuk sementara ditutup dulu menghindari pengeluaran dan berusaha untuk memikirkan bagaimana caranya tetap dapat memenuhi kebutuhan yang utama,” ungkapnya.

Masih menurut pria kelahiran. Jakarta, 39 tahun lalu, untungnya, di masa sulit seperti ini dia masih punya tabungan dan investasi lain yang dapat dimanfaatkan jika sangat mendesak. “Untungnya, saya masih punya simpanan di bank dan juga investasi lain, yang bisa dipakai untuk meringankan beban hidup sekarang yang semakin berat,” jelas pria pemilik tinggi badan 1,84 m ini.

Ivan juga mengatakan, meskipun statusnya sebagai selebriti yang penuh dengan kemewahan, dia tidak malu untuk berjualan peyek demi mendapatkan tambahan penghasilan. “Selama itu halal, kenapa tidak. Di masa sulit seperti ini kalau gengsi yang ‘digedein’ ya enggak makan,” ucapnya. Arief
Wahyudi