Maya Septha: Saat Berbelanja Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

        Penularan Covid-19 sampai saat ini masih terus terjadi, bahkan di beberapa daerah jumlah orang yang terjangkit masih mengalami peningkatan. Banyak usaha dilakukan guna mencegah penularan dan penyebaran virus tersebut, seperti social distancing, beribadah di rumah, bekerja dan belajar dari rumah juga sudah dilakukan. Kecuali untuk urusan yang sangat penting dan mendesak, keluar rumah terpaksa dilakukan, tapi dengan catatan tetap menjalankan protokol kesehatan.

         Terlepas dari kondisi tersebut, ternyata masih ada hal-hal lain yang tetap membuat orang terpaksa harus melakukan kegiatan di luar rumah. Berbelanja kebutuhan pokok misalnya. Hal ini pula yang dilakukan oleh Maya Septha Setiono atau lebih akrab dikenal bernama Maya Septa.

          Artis cantik kelahiran Jakarta 34 tahun lalu, terpaksa keluar rumah untuk belanja kebutuhan pokok. “Sebenarnya ‘sih kalau kontak langsung tidak, karena saat melakukan aktivitas di luar rumah saya selalu mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, pakai antiseptik, sampai jaga jarak. Tapi kita ‘kan tidak tahu kondisi di lingkungan tempat kita berkunjung. Kalau ke supermarket mungkin lebih aman karena protokol kesehatannya ketat, tapi kalau tempat lain seperti pasar tradisional atau minimarket agak meragukan,” ungkap wanita yang dikenal dengan panggilan Neng Maya ini.

        Menurut ibu dari tiga orang anak ini, berbelanja merupakan aktivitas yang tidak dapat ditunda. Walaupun ada risiko tetap harus dilakukan, hanya saja harus pandai-pandai melihat kondisi tempat belanja. Jangan semua tempat didatangi, cukup ke tempat yang sesuai dengan kebutuhan yang kita cari. “Kalau berbelanja saya cari tempat yang paling lengkap, jadi cukup di satu tempat saja. Kecuali kebutuhannya berbeda. Selain itu, beli kebutuhan secukupnya, pakai kacamata untuk melindungi dari cipratan droplets, pakai sarung tangan plastik, mandi, cuci rambut, dan ganti baju setelah sampai di rumah,” terang pemain film ‘Serigala Terakhir’ ini.

         Neng Maya menambahkan, selain menjalankan protokol kesehatan, sekarang ini yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh tetap sehat, menjaga kesehatan, perkuat imun tubuh, konsumsi vitamin, dan konsumsi makanan sehat. “Artinya menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Kalau harus keluar rumah patuhi protokol kesehatan, agar saat berada di luar terasa nyaman. Istilahnya sambil menyelam minum air, sambil belanja kita cuci mata, he… he… he…. Pusing juga di rumah terus. Mumpung bisa keluar ya dinikmati, yang penting sekali lagi patuhi protokol kesehatan,” tandasnya. Arief Wahyudi