Ruben Onsu: Terdampak Pandemi, Penghasilan Terjun Bebas

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 7 bulan memberi dampak ekonomi yang cukup luar biasa bagi seluruh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang menderita karena kehilangan penghasilan, bahkan kehilangan pekerjaan. Pandemi Covid-19 telah membuat berbagai lini bisnis yang menggerakkan ekonomi seperti mati suri, hanya dapat bernafas tapi tak dapat bergerak.

Tidak hanya kalangan masyarakat biasa, masyarakat kelas menengah hingga atas juga merasa imbasnya, termasuk juga kalangan artis. Ruben Samuel Onsu, mewakili kalangan selebriti masyarakat kelas atas adalah satu dari banyak artis atau pekerja seni yang terimbas pandemi Covid-19.

Selain pekerja seni, Ruben Onsu juga seorang pengusaha. Selama masa pandemi, usaha yang dijalaninya mengalami penurunan omzet cukup drastis. Beberapa usahanya di bidang kuliner harus mengurangi karyawan, bahkan ada pula yang harus ditutup karena pelanggannya berkurang.

“Jujur saja, pandemi ini benarbenar berdampak, bahkan terjun bebas. Tapi sebisa mungkin saya berusaha untuk tetap bertahan agar tidak semua karyawan terkena imbas,” jelas suami dari Sarwendah, seorang penyanyi.

Selain penghasilan dari bisnisnya yang turun, penghasilannya sebagai artis juga cukup terimbas, hal itu disebabkan banyaknya event-event yang harus di batalkan. Ayah dari Thalia dan Thania ini mengungkapkan, selama masa
pandemi hanya beberapa acara saja yang masih berjalan. “Untungnya saya tidak hanya mengandalkan gaji dari kerja sebagai artis. Ada usaha yang masih bisa menopang kebutuhan saya, walaupun tidak sama seperti masa sebelum pandemi,” ujarnya.

Pria berusia 37 tahun ini menambahkan, selain kerja dan bisnis dia, masih punya simpanan yang sewaktuwaktu dapat dipakai untuk menutupi kebutuhan yang sangat mendesak, jadi masih ada yang bisa menolong. “Saat seperti sekarang ini baru sadar dan terasa yang namanya simpanan atau investasi. Apapun itu bentuknya, apakah tabungan atau asuransi. Karena dengan memiliki investasi yang sifatnya simpanan atau jaminan, suatu saat bila terdesak bisa digunakan untuk mengurangi atau mengatasi masalah, khususnya masalah keuangan,” ucap presenter acara Brownis di salah satu stasiun televisi swasta ini. Arief Wahyudi