Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memastikan kesediaan kas menjelang libur lebaran pada periode 6-15 April 2024. Jumlah uang tunai yang disiapkan sebesar Rp34 triliun pada periode tersebut.
Senior Executive Vice President Operation BRI, Nyoman Sugiriyasa, menyampaikan bahwa uang kas yang disiapkan tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan jumlah uang yang disiapkan pada periode lebaran tahun 2023 lalu.
“Terjadi kenaikan 5,3 persen secara year on year pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun lalu dikarenakan perbedaan masa libur periode Ramadan dan Idul Fitri yang sebelumnya tujuh hari menjadi 10 hari di tahun ini,” kata Nyoman dalam keterangan resmi, Rabu, 20 Maret 2024.
BRI memastikan bahwa hal tersebut tidak mengganggu likuiditas perseroan. “Kecepatan perputaran uang menunjukkan aktivitas ekonomi yang meningkat dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.
|Baca juga: BRI Life Dukung Penguatan UMKM
Dia tambahkan bahwa periode Ramadan dan lebaran merupakan periode tingkat konsumsi rumah tangga paling tinggi dalam setahun. “BRI telah menyediakan likuiditas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah di periode ramadhan dan lebaran tahun 2024,” urai Nyoman.
Selain memastikan kesediaan uang kas, BRI juga menjaga reability jaringan e-channel. Masyarakat juga dapat mengakses lebih dari 686 ribu jaringan e-channel BRI yang terdiri dari ATM, CRM dan EDC untuk bertransaksi memenuhi kebutuhan finansial nasabah. Selain itu masyarakat juga dapat memanfaatkan Agen BRILink yang berjumlah 741 ribu dan tersebar di seluruh Indonesia.
Nasabah juga dapat menanyakan info lokasi ATM BRI melalui asisten virtual Sabrina. Nasabah dapat berkomunikasi langsung dengan Sabrina melalui Whatsapp di nomor 0812-12-14017. Ketik “Lokasi ATM”, dan Sabrina akan meminta nasabah untuk meng-klik “Kirim Lokasi Anda Saat Ini”. Berdasarkan lokasi nasabah, Sabrina akan memberikan daftar lokasi ATM BRI yang terdekat.
BRI menghadirkan Sabrina untuk memberikan layanan perbankan bagi nasabah sesuai kebutuhannya. Selain menyediakan informasi lokasi ATM, Sabrina juga dapat membantu nasabah mengecek saldo dan mutasi rekening tabungan, simulasi KPR dan BRIguna, mengecek status tiket pengaduan BRI, lokasi AgenBRILink hingga lokasi kantor cabang BRI terdekat.
Tak hanya itu, asisten virtual ini juga dapat menyediakan informasi di luar layanan perbankan, seperti membantu nasabah mencari beragam merchant terdekat yang memfasilitasi pembayaran melalui BRI.
Di samping jaringan layanan e-channel yang tersebar luas, perseroan juga memberikan kemudahan kepada nasabah dengan layanan transaksi digital banking yang nyaman dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui super apps BRIMo.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News