1
1

Generasi Milenial Minati Mobil Bekas, Tren Baru di Pasar Resale Mobil Indonesia

Ruang pamer di salah cabang Pondok Indah. | Foto: Carro

Media Asuransi, JAKARTA – Pasar mobil bekas Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Terutama didorong oleh pertumbuhan ekonomi dan kemudahan skema finansial yang banyak ditawarkan oleh perusahaan di bidang keuangan. Pada tahun 2024, pasar mobil bekas di Indonesia diperkirakan mencapai US$56,34 miliar dan akan terus meningkat hingga mencapai US$74,48 miliar di tahun 2028.

Di garda terdepan perubahan ini adalah generasi milenial, yang kini semakin giat mencari kendaraan yang worth the money. Berdasar data yang dihimpun Carro, Tempat Jual Beli Mobil Bekas Online nomor 1 di Asia Pasifik, 64 persen dari semua penjualan mobil bekas mereka di paruh pertama 2024 melibatkan pelanggan milenial, dan diperkirakan persentasenya akan terus berkembang seiring waktu.

|Baca juga: Berikut Panduan Penting Sebelum Beli Mobil Impian

“Dari data penjualan Carro, kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak, dan credit score yang semakin baik,” kata Country Head Carro Indonesia, Bryan Tan, dalam keterangan resmi, Selasa, 23 Juli 2024.

Dia tambahkan, banyak masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih affordable. “Dealer mobil terpercaya seperti Carro, yang bisa menyediakan berbagai tipe mobil dengan berbagai harga, juga telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang,” tuturnya.

Meningkatnya minat terhadap kendaraan yang lebih besar, seperti MPV dan SUV juga menjadi salah satu pendorong pasar mobil resale, karena banyak milenial yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan budget yang terbatas. Berdasarkan data dari Carro, beberapa pilihan mobil yang paling populer bagi kalangan milenial pada paruh pertama tahun 2024 adalah:

Multipurpose Vehicle (MPV): Dengan persentase penjualan terbesar, 41 persen generasi milenial mengincar MPV bekas sebagai mobil mereka. Dilengkapi ruang yang lebih luas dan kegunaan yang fleksibel, MPV sangat cocok digunakan untuk menempuh jarak yang jauh dengan keluarga.

City car: Kategori mobil ini juga didominasi oleh kaum milenial dengan penjualan mencapai 35 persen. Mobil ini cocok untuk pekerja di perkotaan yang padat dan sering mengalami macet.

Sport Utility Vehicle (SUV): satu dari empat orang yang membeli mobil SUV bekas adalah milenial, atau sekitar 22 persen. Mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi, SUV cocok untuk dipakai berkendara di jalan perkotaan maupun pada medan berat seperti jalanan berbatu.

|Baca juga: Tips Over Kredit Mobil dengan Aman dan Mudah

“Popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas. Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, dan dalam kualitas yang baik, mobil bekas bisa memberikan kenyamanan seperti layaknya mobil baru,” jelas Bryan Tan.

Untuk membantu para milenial serta masyarakat Indonesia mendapat mobil bekas incarannya, Carro memperkenalkan ‘Carro Certified’. Ini merupakan sertifikasi jaminan kualitas mobil yang tidak dapat ditemukan pada dealer lain.

Sertifikasi ini meliputi:

– 160 Titik Inspeksi: Proses inspeksi dan perbaikan dari ujung ke ujung yang unik dari Carro memanfaatkan teknologi AI eksklusif, seperti computer visioning dan acoustic engineering, untuk menemukan cacat kosmetik serta masalah mesin terkecil sekalipun.

– Garansi Uang Kembali 5 Hari: Jaminan ketenangan hati dan pikiran yang memastikan pelanggan dapat mengembalikan mobilnya jika ingin berubah pikiran atau belum merasa yakin 100 persen.

|Baca juga: Syarat dan Biaya Balik Nama Mobil

– Garansi 12 Bulan Mesin dan Transmisi: Keselamatan di jalan itu yang terpenting, itulah sebabnya Carro selalu siap untuk memastikan setiap pelanggan mendapat dukungan penuh, bahkan setelah proses serah terima di showroom selesai dan mobil sudah dibawa pulang ke rumah.

– Bebas Manipulasi Jarak Tempuh: Apa yang dilihat, itulah yang akan didapatkan oleh pelanggan. Carro tidak pernah mengubah angka jarak tempuh dan tidak menerima mobil yang memiliki riwayat atau indikasi adanya manipulasi apa pun.

– Bebas Banjir, Kecelakaan, dan Kebakaran: Carro memastikan setiap mobil yang ada dalam stok ketersediaan, bebas dari kerusakan parah. Pelanggan dijamin dapat memiliki mobil yang bagus layaknya baru.

“Yang diinginkan pembeli adalah mobil berkualitas yang sesuai dengan keinginan dan budget. Mereka mencari dealer terpercaya yang terus menemani mereka selama kepemilikan mereka. Carro tidak hanya menawarkan mobil yang berkualitas, kami juga menawarkan teknologi, riset, dan kemahiran yang digunakan untuk memastikan setiap pembeli dapat pulang dengan hati yang tenang,” kata Bryan Tan.

Dia tambahkan, pelanggan juga dapat menikmati berbagai promosi menarik tiap bulannya dari Carro. Di bulan Juli ini, Carro menawarkan DP rendah mulai dari Rp6 juta, bunga rendah mulai dari enam persen, serta diskon besar-besaran. Saat ini Carro memiliki sembilan  cabang, yakni di Jakarta, BSD, Bogor, Bekasi, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Palembang.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Manulife IM Melihat Peluang Menarik di Tengah Siklus Penurunan Suku Bunga Global
Next Post Survei BI: Ada Indikasi Peningkatan Penyaluran Kredit Baru

Member Login

or