1
1

330.088 Wisman Gunakan KA Jarak jauh di Jawa dan Sumatera Per Juli 2024

Wisatawan mancanegara (wisman) menggunakan kereta api untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. | Foto: KAI

Media Asuransi, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang menggunakan kereta api di Jawa dan Sumatera menunjukan tren positif. Sepanjang periode dari 1 Januari hingga 31 Juli 2024 KAI mencatat 330.088 wisman (warga negara asing/WNA) menggunakan kereta api.

“Jumlah pemesanan tiket kereta api yang dipesan oleh wisman dari 1 Januari 2024 hingga 22 Agustus 2024 Pukul 10.00 WIB mencapai 410.051 tiket. Tahun sebelumnya, KAI bahkan telah mengantarkan 533.594 wisman karena angka tersebut meningkat 95,38 persen dibanding tahun 2022 sebanyak 273.112,” jelas Public Relations Vice President KAI, Anne Purba, dalam keterangan resminya, Jumat, 23 Agustus 2024.

Anne menambahkan, meningkatnya jumlah wisman yang menggunakan kereta api pada tahun 2023 seiring dengan kebijakan pemerintah melonggarkan mobilisasi masyarakat pada masa Covid-19 dan mencabut status pandemi pada Juni 2023.

|Baca juga: Kereta Api Cepat Ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional

“Saat ini kereta api masih menjadi moda transportasi pilihan para wisman saat berwisata di Indonesia. Jumlah tertinggi para wisman menggunakan kereta api di 2024 pada bulan Juli sebanyak 78.441 orang, disusul Agustus ini ada 68.147 orang sudah terlayani dan masih menunggu keberangkatan perjalanan hingga tanggal 31 nanti, sebelumnya Mei lalu sebanyak 51.937 orang,” jelas Anne.

Dia mengatakan, antusias pelanggan mancanegara menggunakan kereta api di Indonesia dalam bepergian tentunya menjadi motivasi bagi KAI untuk terus meningkatkan pelayanan. Adapun kota-kota yang menjadi tujuan favorit seperti Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta, Purwokerto, Banyuwangi, dan Medan.

KAI terus berupaya meningkatkan layanan dan menghadirkan fasilitas baru bagi pelanggan kereta api. Fasilitas stasiun saat ini juga terus ditambah seperti tersedianya water station, papan keterangan dan informasi dalam bahasa Inggris, ruang ibadah, toilet yang bersih, aksesibilitas yang nyaman, dan fasilitas lainnya.

KAI juga berkomitmen meningkatkan pelayanan pada aspek lainnya sehingga akan terus memberikan pengalaman bermakna dan kesan positif dalam bertransportasi yang tentunya akan mendukung juga promosi keindahan wisata Indonesia,”  ujar Anne.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pertumbuhan Asuransi Pertanian di China Melambat di Semester I/2024
Next Post 8 Tahun Perjalanan, Nasabah Jenius Kini Tembus 5,8 Juta

Member Login

or