1
1

KAI Group Layani 299,75 Juta Penumpang di Periode Januari-Agustus 2024

Penumpang kereta api sedang menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, beberapa waktu lalu. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat peningkatan volume angkutan penumpang hingga bulan ke-8 2024 ini. Periode 1 Januari hingga 31 Agustus 2024, KAI Group melayani 299.752.109 penumpang yang terdiri dari 29.922.766 penumpang KA jarak jauh, 4.648.369 penumpang KA lokal (dikelola KAI), 244.454.242 penumpang KRL, dan KA Lokal dikelola KAI Commuter, 3.693.345 penumpang KAI Bandara, 12.700.737 penumpang LRT Jabodebek, 95.355 penumpang KAI Wisata dan 4.237.295 penumpang Whoosh.

“Pada bulan Agustus 2024, KAI berhasil melayani 4.112.113 penumpang KA jarak jauh dan lokal, meningkat 3,8 persen dibandingkan Agustus 2023 sebanyak 3.959.527 penumpang. Secara keseluruhan, kinerja KAI dari Januari-Agustus 2024 untuk KA Jarak Jauh dan Lokal meningkat 9,4 persen, dari 31.595.487 penumpang menjadi 34.571.135 penumpang,” ungkap VP Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan resmi, Selasa 10 September 2024.

|Bacaa juga: Stasiun Pasar Senen Sedang Bangun Eskalator, KAI Berikan Opsi Penumpang Berangkat dari Stasiun Jatinegara

Adapun untuk angkutan lainnya juga mengalami peningkatan selama periode Januari-Agustus 2024. Seperti, KAI Commuter yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal mencatat angka 244.454.242 penumpang, meningkat 15,03 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu 212.510.807 penumpang. Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, sebesar 73,01 persen, dari 55.114 penumpang menjadi 95.355 penumpang.

Anne mengatakan bahwa peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85 persen, meningkat dari 99,76 persen dibanding periode yang sama tahun 2023. Sementara itu, tingkat ketepatan waktu kedatangan pada Agustus 2024 tercatat 97,87 persen meningkat dibanding Agustus 2023 yakni 95,46 persen.

|Baca juga: Dirut KAI Ajak Delegasi ARCEOs Bawa Tumbler

Anne menyatakan bahwa perbaikan performa ketepatan waktu ini dicapai berkat peningkatan mutu kinerja operasional, termasuk perawatan sarana dan prasarana yang lebih baik. Ketepatan waktu adalah salah satu keunggulan utama transportasi kereta api, yang menjadikannya pilihan favorit masyarakat karena bebas dari kemacetan.

“KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api,” ujar Anne.

Editor: S. Edi Santosa

 

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Aksi Merger dan Akuisisi Asuransi Global Merosot, Terendah 15 Tahun Terakhir!
Next Post Profil Jeffry Haryadi Manullang yang Jadi Dirut Baru Asabri

Member Login

or