1
1

BI Luncurkan Gerakan Bersama Edukasi Pelindungan Konsumen Tematik Ramadan

Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono. | Foto: BI

Media Asuransi, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) meluncurkan Gerakan Bersama Edukasi Pelindungan Konsumen (GEBER PK) tematik Ramadan 2025. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat edukasi pelindungan konsumen dalam mengantisipasi risiko fraud dan penipuan dalam transaksi keuangan digital.

Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan transaksi, khususnya selama bulan Ramadhan dan menjelang Idulfitri, yang menjadi momen meningkatnya kegiatan ekonomi, termasuk transaksi sistem pembayaran.

Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, meresmikan GEBER PK di Jakarta, Rabu, 5 Maret 2024. Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan tiga inovasi yang BI lakukan untuk mendukung penguatan pelindungan konsumen nasional.

|Baca juga: Bank Indonesia dan Perbankan Buka Layanan Penukaran Uang Rupiah pada Ramadan dan Idulfitri

Pertama, dalam upaya menjaga dan melindungi masyarakat, GEBER PK dilakukan dengan lebih masif dan terkoordinasi. Kedua, pelun​curan Web Portal Pengaduan Konsumen Bank Indonesia (Web PKBI).

Web Portal ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan menyampaikan pengaduan konsumen ke Bank Indonesia terkait sistem pembayaran, kegiatan layanan uang serta Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing. “Melalui platform ini, konsumen dapat memantau progres penyelesaian pengaduan dan berkomunikasi langsung dengan penyelenggara,” kata Doni dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat, 7 Maret 2025.

Ketiga, BI memfasilitasi collaborative sharing antara otoritas dan penyelenggara melalui Forum SIGUNA (Diskusi Regular Pelindungan Konsumen untuk Indonesia)  untuk membahas  isu pelindungan konsumen beserta mitigasi dan solusinya.

|Baca juga: Bank Indonesia Siapkan 7 Bauran Kebijakan untuk Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

Lebih lanjut dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Kementerian Perdagangan, asosiasi dan mitra industri, serta seluruh pihak terkait lainnya  yang telah mendukung upaya bersama ini dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang bijak dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan layanan keuangan.

GEBER PK merupakan sinergi dan kolaborasi antara BI dan otoritas serta kementerian/lembaga, dan asosiasi terkait dalam mengimplementasikan edukasi pelindungan konsumen. Hal itu bertujuan untuk mencapai visi bersama yaitu meningkatkan keberdayaan konsumen sebagai bagian dari upaya mewujudkan ekosistem pelindungan konsumen yang kuat.

Doni menegaskan bahwa Bank Indonesia senantiasa mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk terus menggiatkan program edukasi bagi konsumen. “Sebagai bagian dari upaya menciptakan ekosistem pelindungan konsumen nasional yang kuat sehingga berkontribusi positif bagi stabilitas dan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Garuda Indonesia Group Turunkan Tiket Pesawat Jelang lebaran 2025
Next Post BEI Buka Suspensi Saham AREA dan Tetapkan UMA 3 Emiten

Member Login

or