1
1

Jelang Mudik Lebaran, Hampir Terjual 2 Juta Tiket KA Jarak Jauh

Aktivitas penumpang kereta di stasiun kereta Senen Jakarta. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api selama periode Angkutan Lebaran 1446 H/2025. Untuk mengakomodasi kebutuhan perjalanan, KAI telah menyediakan total kapasitas 4.591.510 tempat duduk selama periode 21 Maret hingga 11 April 2025.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.443.832 kursi dialokasikan untuk perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh, sementara 1.147.678 kursi diperuntukkan bagi layanan KA Lokal yang melayani rute di Pulau Jawa dan Sumatera.

|Baca juga: KAI Hadirkan Kereta Api Batavia, Pilihan Baru Rute Jakarta-Solo (PP)

“Hingga 14 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket KA Jarak Jauh telah mencapai 1.917.476 tiket atau sekitar 55,68 persen dari total kapasitas yang tersedia. Untuk KA Lokal, tiket yang terjual mencapai 42.806 atau sekitar 3,73 persen. Penjualan tiket KA Lokal masih tergolong rendah karena tiket baru dapat dipesan mulai H-30 sebelum keberangkatan, bahkan sebagian besar hanya tersedia mulai H-7,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangan resminya, Jumat, 14 Maret 2025.

Lebaran tahun ini menunjukkan pola pemesanan yang relatif konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya. Rute-rute favorit masih didominasi oleh perjalanan dari dan ke kota-kota besar. Sepuluh rute paling diminati oleh pelanggan antara lain:

  1. Gambir-Yogyakarta: 23.288 penumpang
  2. Yogyakarta-Gambir: 19.853 penumpang
  3. Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng: 18.854 penumpang
  4. Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi: 17.422 penumpang
  5. Surabaya Pasar Turi-Pasarsenen: 16.761 penumpang
  6. Pasarsenen-Lempuyangan: 16.304 penumpang
  7. Pasarsenen-Kutoarjo: 15.937 penumpang
  8. Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir: 15.286 penumpang
  9. Lempuyangan-Pasarsenen: 14.549 penumpang
  10. Gambir-Purwokerto: 14.272 penumpang

Dalam rangka memastikan perjalanan yang aman dan nyaman selama masa lebaran, KAI telah melakukan berbagai langkah strategis, termasuk menambah jumlah petugas di berbagai titik pelayanan. Optimalisasi sumber daya manusia ini dilakukan untuk memastikan kelancaran operasional, baik di stasiun maupun di kereta, serta memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi pelanggan.

|Baca juga: Semua Calon Penumpang Kereta Api Dipastikan Mendapat Tiket

Selain itu, KAI juga terus mengembangkan layanan digital agar masyarakat lebih mudah mengakses informasi dan melakukan pemesanan tiket. Salah satu upaya nyata adalah penempatan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun utama.

Petugas ini bertugas memberikan panduan, membantu pelanggan saat proses boarding, dan menangani berbagai kebutuhan penumpang secara langsung.

“Kami terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan agar perjalanan mudik tahun ini lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Dengan berbagai langkah yang telah diimplementasikan, kami optimistis Angkutan Lebaran 2025 akan berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan kereta api,” ujar Anne.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Sritex Ditetapkan OJK sebagai Perusahaan Publik yang Dikecualikan dari Kewajiban Pelaporan dan Pengumuman
Next Post Bursa Saham China Menguat Respons Rencana Stimulus

Member Login

or