Media Asuransi, GLOBAL – Tata AIA Life Insurance gandeng NielsenIQ melakukan studi, dan memperoleh bahwa asuransi berjangka saat ini telah menjadi produk keuangan pilihan bagi 31 persen individu Gen Z yang bekerja di India.
Dilansir Asia Insurance Review, Jumat, 16 Mei 2025, survei ini fokus pada responden dengan rentan usia 21-28 tahun, menunjukkan adanya pergeseran yang jelas di kalangan dewasa muda terhadap pelindungan finansial, dengan asuransi berjangka yang menonjol di antara pilihan asuransi jiwa.
|Baca juga: Pembelian Asuransi Perjalanan di India Melonjak, Ini Penyebabnya
Studi ini menyoroti bahwa Gen Z tertarik pada rencana jangka dikarenakan strukturnya yang sederhana, keterjangkauan, dan janji keamanan jangka panjang. Selain itu, terdapat 57 persen dari mereka yang mempertimbangkan asuransi berjangka siap untuk berinvestasi lebih dari INR2.000 (US$24) per bulan.
“Meskipun sudah melek digital, Gen Z tetap menaruh kepercayaan pada alat keuangan tradisional yang dapat diandalkan seperti asuransi berjangka untuk stabilitas jangka panjang,” kata Kepala Pemasaran Tata AIA Life Insurance, Girish J Kalra.
|Baca juga: Pilih Proteksi Asuransi Rendah, Warga India Terancam Tekor saat Sakit Kritis
Hal lain yang berhasil ditemukan di dalam studi ini, sebesar 18 persen responden sudah mempertimbangkan solusi pensiun dan hari tua. Sebanyak 60 persen responden menganggap manfaat kesehatan sebagai faktor kunci ketika memilih asuransi jiwa, dengan minat yang lebih tinggi di kalangan pria 65 persen daripada wanita 54 persen.
Temuan lainnya, ialah sebesar 53 persen Gen Z masih sangat bergantung pada panduan keuangan konvensional dan lebih memilih membeli asuransi melalui agen atau penasihat bank. Pada saat yang sama, 25 persen responden juga menggunakan media sosialnya untuk mendapatkan nasihat keuangan
Survei ini dilakukan di delapan kota di wilayah metro dan non-metro, dengan representasi gender yang seimbang dan rata-rata usia responden 25 tahun.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News