Media Asuransi, JAKARTA – Dalam era digital yang berkembang pesat seperti sekarang ini, bukan cuma laki-laki yang bisa berkecimpung di dunia bisnis. Namun perempuan juga semakin berkembang dalam berbisnis, utamanya di ranah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Mengutip laman resmi Cimb Niaga, Minggu 25 Mei 2025, Indonesia melihat lonjakan jumlah wirausaha perempuan yang menawarkan inovasi dan kreativitas unik. Tercatat lebih dari 60 persen, atau sekitar 37 juta UMKM Terdaftar dimiliki oleh perempuan.
|Baca juga: CEO Privy Ungkap Tanda Tangan Digital Jadi Fondasi Keamanan Transaksi Elektronik
|Baca juga: 9 Hal yang Wajib Diketahui Nasabah saat Membeli Asuransi Kesehatan dan Jiwa
Mereka memainkan peran kunci dalam menggerakkan perekonomian, serta membawa keberagaman perspektif dan ide-ide segar dalam pengembangan produk dan layanan. Tidak bisa dipungkiri perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam wirausaha di Indonesia.
Kondisi itu terlihat dalam beberapa tahun terakhir dengan jumlah yang terlibat dalam dunia bisnis terus meningkat. Perempuan di Indonesia tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara, tetapi juga membawa perspektif dan ide-ide yang beragam dalam pengembangan produk dan layanan.
Salah satu wadah yang bisa dijadikan sebagai tumbuh kembang ialah UMKM, memainkan peran kunci dalam perekonomian Indonesia. Para perempuan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan membantu mengurangi tingkat pengangguran.
Selain itu, UMKM juga menjadi motor penggerak ekonomi di berbagai daerah, mendukung pemerataan pembangunan ekonomi.
TikTok sebagai peluang bisnis
TikTok merupakan platform dengan pengguna aktif mencapai jutaan orang di Indonesia. Salah satunya, Indonesia saat ini adalah pengguna TikTok terbanyak kedua di Indonesia, sebesar 106,52 juta pengguna.
|Baca juga: Ini Alasannya, Mengapa Wanita Harus Melek dengan Keuangan
|Baca juga: Peluang Harga Bitcoin Tembus US$110.000 Kian Nyata
Platform ini, menawarkan peluang yang tak terbatas bagi UMKM dan wirausahawan perempuan untuk memperluas jangkauan pasar mereka dengan kreativitas dan inovasi. Dengan kemampuan kreatif tak terbatas, TikTok menawarkan peluang luar biasa bagi para wirausaha perempuan untuk membangun merek mereka sendiri dan menjangkau pasar yang lebih luas.
TikTok live untuk berbisnis
Selain pembuatan video pendek, TikTok bisa digunakan untuk membangun merek, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan penjualan. Salah satu fiturnya ialah TikTok Live, fitur yang memungkinkan interaksi langsung dengan audiens dapat digunakan untuk demo produk, sesi tanya jawab, atau bahkan menyelenggarakan acara khusus yang dapat menarik minat pengguna.
Berikut strategi menggunakan TikTok agar sukses:
- Pahami audiens: Ketahui minat dan preferensi pengguna TikTok untuk membuat konten yang relevan.
- Buat konten kreatif: Gunakan musik, efek, dan tantangan untuk menarik perhatian pengguna.
- Gunakan TikTok Live: Manfaatkan fitur ini untuk berinteraksi langsung dengan audiens Anda.
- Konsistensi dan analisis: Jadwalkan konten secara teratur dan pelajari kinerja Anda melalui analitik TikTok untuk terus meningkatkan strategi kamu.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News