Media Asuransi, JAKARTA – Wellness Tourism atau Pariwisata Berbasis Produk Perawatan Kesehatan dinilai sukses menjadi andalan dan unggulan pariwisata Indonesia di ajang Osaka World Expo 2025 yang baru saja selesai akhir Mei lalu. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memfasilitasi sejumlah pemilik usaha wellness dalam kegiatan tersebut dalam upaya penguatan eksistensi pariwisata Indonesia di tingkat global.
|Baca juga: Kemenpar Usul Bentuk Tim Lintas Kementerian untuk Raja Ampat
Berlangsung pada 26 hingga 31 Mei 2025 di Pulau Yumeshima, Osaka, Jepang, Kementerian Pariwisata menghadirkan Paviliun Indonesia yang diisi beragam aktivitas promosi menarik. Mulai dari promosi produk pariwisata lokal, termasuk produk wisata kesehatan (wellness tourism) yang ditetapkan sebagai unggulan utama promosi pariwisata Indonesia dalam Osaka World Expo 2025.
Kemenpar berkolaborasi dengan rumah Atsiri Indonesia, Mustika Ratu, serta Taman Wisata Candi (TWC), mempromosikan wisata wellness berbasis tradisional lokal seperti essential oil, room fragrance, parfum tradisional, minuman jamu kemasan, serta produk wellness lainnya dan berhasil menarik kurang lebih total 100 ribu pengunjung.
|Baca juga: Menpar: BBTF Jadi Gerbang Promosikan Wisata Nusantara
Dalam keterangan pers, Kamis, 12 Juni 2025, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan partisipasi aktif Indonesia dalam event ini diyakini semakin meningkatkan profil serta eksposur pariwisata Indonesia di mata dunia internasional. Khususnya dalam aspek special interest tourism (wisata minat khusus) seperti wisata wellness, gastronomi, serta marine tourism.
“Pariwisata Indonesia memiliki ragam wisata minat khusus yang sangat layak untuk mendapatkan ekspos lebih luas demi menarik frekuensi kunjungan wisatawan minat khusus internasional. Partisipasi pada event ini tentu dapat meningkatkan eksposur produk wisata minat khusus kita di pentas global,” ujar Ni Made Ayu Marhini.
Bersama Rumah Atsiri Indonesia, Kemenpar juga menyelenggarakan workshop proses pembuatan produk Natural Body Mist tradisional Indonesia bertajuk “Essence of Indonesia: Crafting Memories through Aromatic Journeys” pada 29-31 Mei 2025. Selama tiga hari penyelenggaraan, workshop ini sukses menarik minat banyak peserta mulai dari masyarakat Jepang, Afrika Selatan, Hong Kong, India, dan lainnya.
Corporate Representative Rumah Atsiri Indonesia, Dewanti Subijantoro, mengatakan sesi workshop semacam ini memiliki urgensi tersendiri untuk mengenalkan dan mempromosikan Indonesia dalam bentuk yang unik dan berbeda.
Editor: Irdiya Setiawan
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News