Media Asuransi, JAKARTA – Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd (MSIG) memperluas pasar asuransinya di Thailand dengan menyasar mahasiswa dan investor asal China. Langkah ini diperkuat melalui kerja sama bancassurance dengan Bank of China (Thai) Public Co Ltd (BOC Thai) dan China Pacific Insurance (CPIC) yang ditandatangani pada Mei 2025.
Mengutip Insurance Asia, Selasa, 24 Juni 2025, Anak usaha Mitsui Sumitomo di Thailand, yaitu MSIG Insurance dan MSIG Thailand Branch (MSITB), akan menawarkan produk asuransi kepada mahasiswa China yang menempuh pendidikan di Thailand serta lebih dari 1.000 klien korporat BOC Thai.
|Baca juga: AHY: Perumahan Jadi Kunci Hadapi Ledakan Urbanisasi di 2045
|Baca juga: Jutaan Orang Belum Punya Rumah, Fahri Tawarkan Solusi Lewat Subsidi Tanah
Pertumbuhan signifikan jumlah mahasiswa China di Thailand membuka peluang besar bagi sektor asuransi. Pada 2024, jumlah mereka tercatat lebih dari 28 ribu orang, atau 53 persen dari total mahasiswa asing di negara tersebut. Jumlah ini hampir dua kali lipat dibandingkan dengan 2020.
Selain sektor pendidikan, peningkatan investasi dari China turut mendorong permintaan akan perlindungan asuransi. Data dari Dewan Investasi Thailand menunjukkan aplikasi promosi investasi meningkat 40 persen menjadi 3.137 pada 2024. Investasi langsung asing menyumbang 73 persen dari total nilai aplikasi, dengan China sebagai salah satu penyumbang terbesar.
Melalui kemitraan ini, Mitsui Sumitomo menargetkan penyediaan solusi perlindungan menyeluruh, termasuk untuk sektor properti, logistik, hingga konstruksi. Permintaan terhadap asuransi bencana dan perlindungan pensiun juga terus meningkat seiring perubahan iklim yang semakin tidak terduga.
|Baca juga: Begini Cara Mengetahui Investasi Saham Sudah Sesuai Syariah atau Belum
|Baca juga: Danantara Bakal Rampingkan 16 Perusahaan Asuransi BUMN, Ini Tujuannya!
Perusahaan juga mengidentifikasi kebutuhan konsumen muda terhadap produk yang digital, mudah diakses, dan mudah dipahami. Hal ini mendorong pengembangan layanan yang berbasis teknologi dan data untuk menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan efisien.
Penerapan teknologi menjadi fokus utama Mitsui Sumitomo dalam menjangkau pelanggan baru. Penggunaan data perilaku dan kebiasaan perjalanan mahasiswa serta investor digunakan untuk menyesuaikan produk perlindungan yang relevan, termasuk asuransi medis, gangguan studi, dan bantuan darurat.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News