Media Asuransi, JAKARTA – Kamu salah satu orang yang memiliki bisnis? jika iya maka kamu perlu untuk memastikan pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan yakni diperlukannya strategi pricing objectives yang terencana dengan matang. Namun sebenarnya apa sih pricing objective dan apa manfaatnya di dalam bisnis?
|Baca juga: Ini Peraih Market Leaders Asuransi Umum 2025
|Baca juga: Berikut Pemenang Market Leaders Asuransi Jiwa 2025
Mengutip laman Tugu Insurance, Sabtu, 26 Juli 2025, pricing objectives merujuk pada tujuan utama dan kerangka dasar dalam menetapkan harga untuk produk atau layanan. Hal ini bertujuan untuk mencapai harga yang ideal bagi setiap produk atau layanan yang ditawarkan agar sesuai dengan bisnis yang kamu miliki.
Lalu, pentingnya pricing objectives adalah agar harga yang ditetapkan tetap konsisten, baik untuk pelanggan yang sudah ada maupun pelanggan baru. Seiring berjalannya waktu, pricing objectives akan menjadi pedoman yang membantu kamu dalam menyusun strategi penetapan dan perubahan harga yang mungkin akan diperlukan.
|Baca juga: Jasindo Raih Penghargaan Market Leaders Atas Kinerja Baik dan Transformasi Berkelanjutan
|Baca juga: Inilah 106 Perusahaan Perasuransian Peraih Market Leaders
Berikut tipe pricing objectives yang bisa diterapkan pada bisnis:
Maksimalkan profitabilitas
Hal ini bertujuan untuk mencapai tingkat keuntungan optimal dengan menetapkan harga tinggi atau mengelola biaya produksi.
Menguasai pasar
Dengan tipe ini bisnis kamu akan berupaya mendominasi pasar dengan menetapkan harga kompetitif yakni untuk memperoleh pangsa pasar yang besar.
Penetrasi pasar
Maksudnya adalah memasuki pasar dengan harga rendah untuk menarik pelanggan baru dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.
|Baca juga: BRI (BBRI) Luncurkan BRILiaN Way Upaya untuk Bentuk Budaya Kerja yang Unggul
|Baca juga: Permata Bank X Japan Airlines Travel Fair 2025 Kembali Hadir
Mempertahankan pangsa pasar
Bisnis kamu miliki, sebisa mungkin mempertahankan pangsa pasar dengan menetapkan harga yang bersaing atau memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
Membangun citra merek
Poin ini berfokus pada penetapan harga yang mendukung citra merek perusahaan, seperti harga premium untuk mencerminkan kualitas tinggi.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News