Media Asuransi, JAKARTA – Garda Oto, asuransi mobil dari Asuransi Astra kembali menyelenggarakan kelas field trip berkolaborasi dengan Daihatsu dan Yayasan Astra-Yayasan Dharma Bakti Astra pada Field Trip GIIAS Tour with Astra Group di perhelatan pameran otomotif GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Sabtu, 26 Juli 2025. Field trip ini diadakan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang well literate mengenai finansial sejak dini.
Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto, mengatakan bahwa anak-anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu dan belajar dengan cepat. Ketika literasi keuangan diperkenalkan sejak dini, bahkan dengan cara yang sederhana, hal itu akan membangun fondasi bagi kebiasaan yang akan bertahan seumur hidup.
|Baca juga: Penjualan Mobil Nasional Turun, Grup Astra Masih Kuasai Pasar
Menurut Iwan, melalui kelas field trip yang tidak hanya fokus pada literasi keuangan, tetapi juga menggabungkan edukasi otomotif dan pengembangan kreativitas. “Kami berharap kegiatan ini mampu menjadi stimulan yang berarti dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab, kemandirian, dan percaya diri sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter,” tutur Iwan.
Kegiatan ini diawali dengan sesi literasi keuangan yang disampaikan oleh Head of PR & Activation Asuransi Astra, Angela Anindita. Materi dibuat menarik dan seinteraktif mungkin agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak, seperti melalui permainan edukatif, kegiatan kreatif menari dan menyanyi.
Angela mulai memperkenalkan berbagai jenis produk keuangan secara sederhana. Tujuannya adalah agar anak-anak mengenal beragam alat yang dapat membantu mereka mengatur keuangan secara bijak di masa depan.
|Baca juga: Bank Saqu Ajak Pengunjung “Terbang” Gapai Impian Finansial di GIIAS 2025
Salah satu topik yang diperkenalkan adalah pentingnya memiliki asuransi sebagai bentuk perlindungan dari berbagai risiko dan potensi kerugian, sehingga mereka dapat membuat keputusan keuangan yang lebih tepat di setiap tahap kehidupan.
Kelas ini dikhususkan bagi anak-anak usia 4-10 tahun dan dibuka untuk umum. Melalui literasi keuangan ini Asuransi Astra berharap keluarga muda yang menjadi peserta dapat memahami urgensi melakukan manajemen keuangan sehingga dapat menjadi contoh atau figur serta dapat menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung untuk sang buah hati dalam membentuk perilaku, pemahaman hingga kebiasaan yang bijak.
Menurutnya, kemampuan mengelola keuangan perlu diajarkan sejak dini guna menciptakan kebiasaan dan karakter yang baik. Dengan memulai pembelajaran sejak dini nantinya kemampuan tersebut menjadi bagian alami dari pemikiran sehingga membantu mereka dalam membuat keputusan finansial yang bijak agar dapat menjadi seseorang dengan pribadi yang bertanggung jawab.
|Baca juga: Astra Life Hadirkan Produk Spesial di GIIAS 2025
Field trip adalah kelas mengenai literasi keuangan yakni pengelolaan keuangan yang baik dengan melindungi aset dan diri sendiri, yang diselenggarakan oleh Asuransi Astra, yang juga menjadi salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap peningkatan angka literasi keuangan sesuai arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Penyelenggaraan kelas field trip di GIIAS turut dilengkapi dengan tur keliling pameran, salah satunya booth Daihatsu di Hall 7. Tidak berhenti di situ, bersama Yayasan Astra–Yayasan Dharma Bakti Astra, anak-anak diberi kegiatan kreatif merakit kertas menjadi bentuk hewan yang dipandu oleh papercraft expert Ichinogami yang juga merupakan salah satu UMKM binaan Yayasan Astra-Yayasan Dharma Bhakti Astra.
Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, kelas field trip pun menghadirkan kunjungan ke mainbooth Garda Oto yang berada di Hall 10 untuk melihat dan foto bersama armada Garda Siaga serta mendapatkan penjelasan mengenai proses hingga peran dan fungsi layanan Garda Siaga.
“Sesi ini mempertebal manfaat dan fungsi asuransi yang siap melindungi dari risiko dan kerugian yang sulit untuk dihindari sehingga dapat mengandalkan pelindungan ekstra di setiap saat,” ujar Angela.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News