1
1

Mau Karier Kamu Melesat? 5 Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki!

Ilustrasi. | Foto: Tugu Insurance

Media Asuransi, JAKARTA – Dalam usia yang produktif, tentu semua orang banyak yang memperhatikan perkembangan karier, tentunya agar lebih baik ke depannya. Pengembangan karier adalah usaha untuk meningkatkan kepuasan kerja, pengetahuan, serta kemampuan pekerja di dalam lingkungan pekerjaan.

Perkembangan karier perlu dilakukan untuk memastikan bahwa karyawan yang tepat menempati posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, pengembangan karier sering kali dianggap sebagai faktor penting dalam kesuksesan karyawan dan perusahaan.

|Baca juga: Atasan Kantormu Toxic? Berikut Mengelola Konflik dengan Nonviolent Communication!

|Baca juga: Wajib Tahu! Berikut 4 Tanda Kamu Mungkin Berada di Lingkungan Kerja yang Toxic

Dalam pengembangan karier dengan pendekatan modern, karyawan tidak hanya berperan sebagai objek. Berbeda dengan pendekatan tradisional di mana lebih mengutamakan kepentingan organisasi, pada pendekatan modern, karyawan lebih proaktif dalam merencanakan dan mengelola karier mereka sendiri.

Di sini pekerja bertindak sebagai career strategist, di mana pekerja dapat terus meningkatkan kemampuan agar dapat menaikkan kualitas mereka. Salah satu kualitas penting yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia kerja saat ini adalah penguasaan soft skill yang memadai.

|Baca juga: Biar Gen Z Betah Kerja, Perusahaan Wajib Banget Tahu Hal Ini!

|Baca juga: Ternyata Begini 9 Cara Liburan Impian Tanpa Bikin Boncos

Penting bagi kamu sebagai pekerja untuk menguasai sejumlah soft skill untuk menunjang perkembangan karier. Mengutip Tugu Insurance, Minggu, 10 Agustus 2025, berikut adalah lima soft skill penting yang harus dimiliki oleh setiap pekerja di era modern yaitu:

Kemampuan berkomunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang efektif sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan kamu. Ini mencakup kemampuan berbicara dengan jelas, mendengarkan dengan baik, dan memahami bahasa tubuh serta ekspresi wajah orang lain. Kemampuan komunikasi yang baik membantu menjalin hubungan yang kuat, berkolaborasi, dan mengatasi konflik dengan lebih efektif.

Keterampilan dalam kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan adalah aset berharga, bahkan jika seseorang tidak bercita-cita menjadi pemimpin formal. Ini mencakup kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain, membuat keputusan yang tepat, serta mengelola waktu dan sumber daya dengan efisien. Keterampilan kepemimpinan dapat membantu mencapai tujuan pribadi dan profesional.

|Baca juga: Life Skills di Dunia Kerja dan Pentingnya Menemukan Peluang Cuan

|Baca juga: Mengenal Apa Itu Job hopping dan Menimbang Pro dan Kontranya

Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir di luar kotak dan menemukan solusi inovatif. Dalam dunia yang terus berubah, kreativitas menjadi sangat berharga. Mengembangkan kreativitas dapat dilakukan melalui berbagai aktivitas seni, berpikir kritis, dan mencari pengalaman baru.

Kemampuan dalam manajemen waktu

Manajemen waktu adalah keterampilan krusial dalam kehidupan yang sibuk. Dengan mengatur waktu dengan baik, seseorang dapat meningkatkan produktivitas, menghindari stres, dan mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Membuat jadwal, memprioritaskan tugas, dan menghindari gangguan adalah langkah penting untuk menjadi lebih efisien.

Kemampuan beradaptasi

Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan adalah kunci sukses di era modern yang penuh dinamika. Dunia terus berkembang, dan kesiapan untuk menghadapi perubahan yang tak terduga sangat diperlukan. Fleksibilitas, rasa ingin tahu, dan kemauan untuk belajar adalah komponen penting dari kemampuan adaptasi.

|Baca juga: Laba Bersih MNC Bank (BABP) Melesat 41,50% Jadi Rp41,71 Miliar di Kuartal II/2025

|Baca juga: Semester I/2025, Bank Neo Commerce (BBYB) Catat DPK Tergerus Jadi Rp13,33 Triliun

Kemampuan berkolaborasi

Kolaborasi kini sudah dianggap sebagai suatu keterampilan yang penting untuk dimiliki oleh para pekerja. Beberapa keterampilan yang termasuk dalam skill kolaborasi adalah memahami berbagai perspektif, mengelola prioritas dari semua orang dalam kelompok, dan memenuhi harapan sebagai anggota tim yang andal.

Secara keseluruhan, pengembangan karier yang efektif membutuhkan kombinasi dari pendekatan strategis dan penguasaan berbagai soft skill. Dengan menerapkan pendekatan dan penguasaan soft skill tersebut, kamu dapat mencapai kesuksesan pribadi dan profesional serta berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan perusahaan.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Resep Rahasia untuk Para Bunda Lebih Bijak saat Gunakan Paylater
Next Post 5 Strategi Lifelong Learning yang Bisa Ubah Masa Depan Kamu

Member Login

or