Media Asuransi, JAKARTA — PT Informasi Teknologi Indonesia Tbk (JATI), penyedia solusi teknologi dan komunikasi di Indonesia, sepanjang semester I/2025 membukukan EBITDA sebesar Rp16,6 miliar, tumbuh 258% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,6 miliar.
Pertumbuhan ini juga mendorong peningkatan laba bersih dari Rp638 juta menjadi Rp10,1 miliar, meningkat 1.483%. Lonjakan tersebut mencerminkan keberhasilan perseroan dalam memperkuat kualitas layanan dan efisiensi teknis dari portofolio produk digital seperti WhatsApp Business Platform, SMS Broadcast, Email Blast, Coster, BerandaToko, chatbot LLM ngobrol.ai, hingga RoboCall.
|Baca juga: MNC Digital (MSIN) Bukukan Pendapatan Segmen OTT sebesar Rp731 Miliar
BerandaToko sebagai platform kemitraan merchant yang kini memasuki fase sustainable income, dapat menghasilkan pendapatan bulanan yang stabil tanpa strategi ‘bakar uang’.
Melalui kerja sama dengan berbagai mitra strategis, BerandaToko kini melayani kebutuhan seperti pembelian token listrik PLN, pulsa prabayar, pembayaran BPJS Kesehatan, dan gas elpiji non-subsidi. Efisiensi rantai distribusi digital memungkinkan konsumen menikmati harga lebih rendah hingga 16,5%, serta membuka peluang margin yang kompetitif bagi para agen.
|Baca juga: Fitch Perkirakan Kondisi Kredit di Emerging Market Bakal Lebih Menantang
“Kinerja Semester I 2025 mencerminkan keberhasilan strategi kami dalam mendorong transformasi digital bagi pelaku bisnis melalui layanan pesan instan yang efektif dan terintegrasi,” ujar Asrul A. Ali, Wakil Direktur Utama Jatis Mobile, dalam keterangan resmi dikutip, Jumat, 8 Agustus 2025.
Jatis Mobile juga memperkuat peranannya dalam penerapan kecerdasan buatan (AI), baik secara eksternal maupun internal. Di sisi pasar, perseroan aktif mengembangkan solusi komunikasi berbasis AI yang kini diadopsi sektor ritel, perbankan, dan asuransi. Sementara itu, secara internal, seluruh divisi diarahkan untuk memanfaatkan berbagai tools AI dalam proses kerja harian.
Workshop internal juga digelar untuk mendorong pemahaman dan implementasi AI lintas fungsi. Sebagai bagian dari Indivara Group, Jatis Mobile telah beroperasi lebih dari dua dekade dan melayani lebih dari 500 klien korporasi.
Sejak 2018, Jatis menjadi Business Solution Provider (BSP) resmi Meta di Indonesia, dan pada tahun 2024 mencatatkan traffic WhatsApp Business Platform yang terbesar di Indonesia.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News