Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA merayakan Hari Pelanggan Nasional 2025 sebagai momentum untuk menegaskan komitmen perseroan dalam menghadirkan pelayanan terbaik dan sepenuh hati kepada seluruh nasabah. Mengangkat tema “With You in Every Beat” pada perayaan tahun ini, BCA berkomitmen untuk senantiasa hadir mendampingi setiap langkah nasabah melalui layanan perbankan yang inovatif, aman, dan relevan.
Presiden Direktur BCA, Hendra Lembong, mengungkapkan bahwa Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum bagi BCA untuk menegaskan komitmen mendampingi setiap langkah nasabah dalam memenuhi berbagai kebutuhan finansial. “Kepercayaan nasabah menjadi motivasi utama bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan berkualitas di seluruh kanal BCA. Kami berharap dapat terus memberikan pengalaman perbankan yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi seluruh nasabah tercinta,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu, 6 September 2025.
|Baca juga: Hari Pelanggan Nasional 2025, BCA Syariah Tingkatkan Layanan Melalui Inovasi
Perayaan Hari Pelanggan Nasional 2025 menjadi semakin meriah dengan kehadiran Direksi BCA yang secara khusus menyambut dan melayani nasabah secara langsung di sembilan KCU BCA pada Kamis, 4 September 2025. Presiden Direktur BCA, Hendra Lembong, hadir di KCU BCA Mangga Dua Raya dan KCU BCA Asemka. Wakil Presiden Direktur BCA, Armand Hartono, di KCU BCA Green Garden. Direktur BCA, Haryanto T. Budiman, di KCU BCA Kebayoran Baru, KCU BCA Matraman, dan KCU BCA Kuningan. Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono, di KCU BCA Cibubur. Sedang Direktur BCA, Hendra Tanumihardja, di KCU BCA Gading Serpong dan KCU BCA Wisma Asia.
Hendra Lembong menjelaskan, BCA secara konsisten mengembangkan beragam customer touch points dalam melayani kebutuhan nasabah di berbagai segmen. Nasabah memiliki fleksibilitas untuk menggunakan kanal online, baik dari aplikasi mobile banking maupun internet banking, serta kanal tradisional lainnya seperti kantor cabang dan ATM/CRM (Cash Recycling Machines).
Beragam kanal tersebut didukung oleh integrated contact center bernama Halo BCA. Layanan terintegrasi Halo BCA mencakup aplikasi chatting WhatsApp, platform media sosial, dan aplikasi haloBCA.
Khusus di kanal digital, aplikasi myBCA dan BCA mobile menjadi menjadi lini terdepan solusi mobile banking BCA. Kedua aplikasi ini terus berjalan berdampingan demi memberikan pengalaman perbankan komprehensif bagi nasabah. Hingga Juni 2025, transaksi mobile dan internet banking BCA tumbuh 19 persen year on year (yoy).
|Baca juga: BCA Tawarkan Promo Bunga Spesial Untuk KPR dan KKB
Aplikasi myBCA juga terus dilengkapi dengan fitur-fitur baru pada tahun ini, mulai dari fitur QRIS TAP, Investment Goals, transfer outgoing remittance dengan sumber dana di Poket Valas, pembukaan rekening online menggunakan nomor handphone luar negeri, integrasi portofolio saham dan obligasi BCA Sekuritas, hingga penambahan mata uang asing pada fitur Poket Valas.
Sementara di sisi offline, di tengah perkembangan teknologi, BCA terus berupaya menghadirkan layanan yang optimal melalui 1.264 kantor cabang di Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 persen di antaranya telah menerapkan inovasi perangkat dan aplikasi pendukung digital.
BCA juga telah melakukan peremajaan sejumlah mesin ATM konvensional menjadi CRM, sehingga nasabah dapat melakukan setor maupun tarik tunai sesuai kebutuhan. Hingga Agustus 2025, BCA memiliki 19.961 ATM yang tersebar di penjuru Indonesia, dan sekitar 75 persen dari total ATM tersebut merupakan CRM.
Kombinasi layanan digital dan fisik ini turut mendorong peningkatan jumlah rekening nasabah menjadi lebih dari 42 juta per Juni 2025. Total frekuensi transaksi yang diproses BCA juga tumbuh 17 persen yoy pada semester I/2025 atau tumbuh 3,5 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Pada puncaknya, frekuensi transaksi yang diproses BCA bisa mencapai sekitar 200 juta per hari.
Pada saat yang sama, BCA melakukan penguatan keamanan dengan pendekatan komprehensif mencakup tiga aspek utama, yaitu People, Process, dan Technology yang terus diperbarui sesuai perkembangan lanskap siber.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News