1

Bank Muamalat Gandeng cashUP Hadirkan Solusi Pembayaran Digital

Gedung Bank Muamalat. | Foto: Bank Muamalat

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk atau Bank Muamalat resmi menjalin kerja sama strategis dengan PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (cashUP). Sinergi itu dalam menghadirkan solusi perangkat pembayaran modern bagi para pelaku usaha (merchant) di Indonesia.

Direktur Utama Bank Muamalat Imam Teguh Saptono menyampaikan, melalui kolaborasi ini, Bank Muamalat akan memasarkan perangkat Electronic Data Capture (EDC) dan EDC soundbox cashUP kepada merchant.

“Solusi ini diharapkan memudahkan merchant menerima pembayaran nontunai melalui kartu debit dan kartu pembiayaan menggunakan metode dipped maupun tapped (contactless) serta QRIS sesuai dengan standar Bank Indonesia,” kata Imam, dikutip dari keterangan resminya, Kamis, 25 September 2025.

EDC soundbox yang memiliki fitur serupa dengan EDC dan dilengkapi tambahan fitur notifikasi suara untuk transaksi QRIS dynamic akan memberikan pengalaman transaksi yang lebih informatif dan nyaman bagi merchant.

|Baca juga: Ombudsman RI Soroti 3 Masalah Utama Ini di Program Jaminan Kesehatan

|Baca juga: Menyalakan Asa dan Melindungi Masa Depan Finansial Lewat Inklusi Asuransi

Melalui skema penempatan dana pada produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah, merchant berkesempatan memperoleh pembebasan biaya sewa perangkat EDC atau soundbox, sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

“Kolaborasi ini merupakan komitmen kami untuk mendukung digitalisasi layanan perbankan syariah sekaligus meningkatkan kenyamanan bertransaksi bagi masyarakat. Dengan hadirnya perangkat EDC dan EDC soundbox, merchant dapat memberikan layanan pembayaran yang lebih cepat, aman, dan transparan,” ujar Imam.

Sebagai informasi, sinergi Bank Muamalat dengan cashUP adalah bagian dari rangkaian perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2025.

Presiden Direktur cashUP Willy Chandry optimistis kolaborasi dengan Bank Muamalat akan memperluas penetrasi layanan cashUP ke segmen merchant syariah. Ia menambahkan layanan managed service yang disediakan mencakup instalasi, pemeliharaan, dukungan teknis, hingga penanganan keluhan merchant secara menyeluruh.

|Baca juga: Keluhan Peserta Membludak, BPJS Kesehatan Janjikan Respons Cepat dan Tuntas Lewat Kanal Aduan Digital

|Baca juga: BPJS Kesehatan Catat Jumlah Pengaduan Peserta Terus Turun hingga Semester I/2025

|Baca juga: Ribuan Keluhan Masyarakat Mengalir ke BPJS Kesehatan, Antrean Panjang hingga Obat Kosong Jadi Isu Utama!

“Dengan begitu, merchant bisa tenang menjalankan usahanya,” kata Willy.

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem pembayaran digital dan industri perbankan syariah secara keseluruhan di Indonesia. Selain itu, hadirnya perangkat pembayaran digital yang modern, efisien, dan sesuai prinsip syariah akan mendukung inklusi keuangan bagi merchant dan konsumen.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bank Aladin Syariah dan CIMB Niaga Jalin Sinergi untuk Fasilitas Money Market Line dan Layanan Kustodian
Next Post PT Asuransi Allianz Life Indonesia Raih Peringkat Ketiga

Member Login

or