1

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) Menjalin Kemitraan Strategis dengan BeatRoute

Seremoni kerja sama percepatan transformasi digital antara PT Metrodata Electronics Tbk (“Metrodata”) dengan BeatRoute. | Foto: Metrodata

Media Asuransi, JAKARTA – PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) atau Metrodata, perusahaan teknologi informasi di Indonesia, menjalin kemitraan strategis dengan BeatRoute, sebuah platform AI berbasis tujuan (goaldriven) untuk penjualan ritel dan distribusi.

Kolaborasi ini menjadi tonggak penting bagi kedua perusahaan dalam menghadirkan solusi digital inovatif yang ditujukan untuk mempercepat transformasi bisnis di negeri ini. Indonesia merupakan salah satu pasar ritel dan distribusi terbesar di kawasan, dengan dinamika pertumbuhan yang dipacu oleh perubahan perilaku konsumen, meningkatnya persaingan, serta kebutuhan akan efisiensi route to market yang lebih besar.

|Baca juga: Metrodata Electronics (MDTL) Bagi Dividen Tunai 2024 dengan Payout Ratio 39,8%

Kondisi ini menegaskan pentingnya sebuah platform end to end yang mampu mengintegrasikan perangkat lunak Sales Force Automation (SFA), Distribution Management System (DMS), dan aplikasi eB2B untuk mendukung target penjualan ritel sekaligus memperkuat kinerja distributor.

BeatRoute menjawab kebutuhan ini melalui basis pelanggan yang telah terbangun di Indonesia, lintas industri seperti healthcare & pharmaceutical dan FMCG (Fast Moving Consumer Goods), disertai dukungan kantor perwakilan lokal, alur kerja yang disesuaikan untuk pengguna di Indonesia, serta transaksi yang lancar dalam rupiah.

Di sisi lain, Metrodata, sebagai mitra strategis dan kolaborator lokal pionir, memperkuat kehadiran BeatRoute dalam menjangkau dan melayani pasar Indonesia secara efektif.

Sebagai platform AI berbasis tujuan, BeatRoute menghadirkan perangkat lunak Sales Force Automation (SFA) berbasis AI yang terintegrasi dengan Distribution Management System (DMS) dan Retailer App, menciptakan sebuah ekosistem terpadu yang melampaui sekadar pelacakan aktivitas untuk mendorong eksekusi yang berfokus pada hasil.

|Baca juga: Anak Usaha Metrodata Electronics (MTDL) Jalin Kemitraan Strategis dengan Creatio

Kapabilitas AI yang ditawarkan mencakup Scheduling AI Agent untuk perencanaan kunjungan yang optimal, Order AI Agent untuk rekomendasi pemesanan cerdas, Customer Insights AI Agent untuk wawasan yang dapat ditindaklanjuti selama kunjungan pelanggan, serta BeatRoute Copilot untuk jawaban berbasis data dalam bahasa alami.

Selain itu, BeatRoute mendukung berbagai alur kerja yang menyelaraskan seluruh pemangku kepentingan menuju tujuan bisnis dan memastikan eksekusi ritel yang lancar.

“Bermitra dengan BeatRoute merupakan langkah strategis bagi Metrodata dalam memperluas portofolio solusi digital kami. Dengan menggabungkan pengalaman Metrodata di pasar Indonesia dan inovasi berbasis AI dari BeatRoute, kami yakin dapat mempercepat transformasi digital bagi perusahaan ritel dan distribusi sekaligus memberikan nilai bisnis nyata bagi pelanggan,” ujar Direktur Metrodata, Alexander Kuntoro, dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 2 Oktober 2025

Sementara itu, Co-founder & CEO BeatRoute, Vinay Singh, menambahkan bahwa pihaknya sangat antusias dapat bermitra dengan Metrodata. “Keahlian Metrodata yang telah terbukti dalam mendorong transformasi digital bagi pelanggan enterprise di Indonesia, dipadukan dengan platform AI berbasis tujuan dari BeatRoute, menciptakan sinergi yang kuat untuk mengangkat industri penjualan ritel dan distribusi Indonesia ke tingkat keunggulan baru,” katanya.

Melalui kolaborasi ini, Metrodata dan BeatRoute berkomitmen untuk memperluas jangkauan solusi teknologi yang mendorong pertumbuhan bisnis, meningkatkan efisiensi, dan mempercepat transformasi digital lintas industri di Indonesia.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post IHSG Kamis Berakhir di Zona Hijau
Next Post IARFC Indonesia Ajak Anak Muda Jadi Generasi Anti Galbay

Member Login

or