1
1

Sumber Alfaria (AMRT) Perkenalkan Brand Baru Alfa X dan Bean Spot

Media Asuransi – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) akan memperkenalkan brand baru Alfa X dan Bean Spot. Kedua brand baru ini merupakan lini bisnis baru perseroan di sektor restoran dan kafe. Perseroan optimistis,  penambahan bidang usaha restoran dan kafe bakal berdampak positif terhadap kinerja keuangan perseroan. Pendapatan dan laba kotor perseroan akan meningkat masing-masing sekitar 0,5 persen dan 1 persen.

Manajemen Sumber Alfaria mengatakan, rencana penambahan kegiatan usaha restoran dan kafe telah memenuhi seluruh aspek kelayakan, baik kelayakan pasar, kelayakan teknis, kelayakan pola bisnis, kelayakan model manajemen, maupun kelayakan keuangan. Meski demikian, untuk menambah bidang usaha tersebut, Sumber Alfaria akan meminta persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang direncanakan akan digelar pada Kamis, 6 Mei 2021.

“Pada tahun ketiga, operasional Alfa X dan Bean Spot sudah menghasilkan keuntungan,” jelas manajemen Sumber Alfaria Trijaya dalam keterangan resmi yang disampaikan pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Baca Juga:

Menurut manajemen, dalam 10 tahun masa proyeksi, Gerai Alfa X memiliki net present value (NPV) Rp147,22 miliar dengan internal rate of return (IRR) 21,35 persen, payback period 6,3 tahun, dan discounted payback period 7,3 tahun. Adapun coffee corner Bean Spot dalam 10 tahun masa proyeksi memiliki NPV Rp123,83 miliar dengan IRR 20,99 persen, payback period 6,5 tahun, dan discounted payback period 7,5 tahun.

“Dalam kegiatan usaha yang baru ini, kami tidak membutuhkan tenaga ahli khusus. Soalnya, kami telah memiliki divisi yang bertugas dalam penanganan penjualan dan penyajian makanan dan minuman,” katanya.

Manajemen Sumber Alfaria menerangkan, rencana penambahan bidang usaha perseroan sejalan dengan perkembangan komposisi penduduk Indonesia berdasarkan usia sesuai Hasil Sensus Penduduk 2020 Badan Pusat Statistik (BPS). “Perseroan memahami perubahan pola kebutuhan konsumen Indonesia saat ini terhadap makanan dan minuman cepat saji (non kemasan) yang mudah didapatkan dan terjamin kualitasnya,” jelasnya.

Perseroan, menurut manajemen, menghadirkan Alfa X yang memiliki format minimarket modern, dilengkapi fasilitas tambahan, seperti tempat belajar atau bekerja bersama (coworking space) dan penjualan serta penyajian makanan dan minuman. Per 31 Desember 2020, Sumber Alfaria mengoperasikan 15.434 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

“Strategi ini telah disesuaikan dengan perubahan gaya hidup (lifestyle) konsumen Indonesia yang semakin modern. Konsep Alfa X ini dikembangkan untuk menyesuaikan dengan karakteristik generasi muda saat ini,” pungkasnya. One

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Sepanjang April 2021 Kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap, Paling Cuan
Next Post AIA Bukukan Premi Rp13,5 Triliun di Tahun 2020

Member Login

or