Media Asuransi – Bank DBS Indonesia ajak milenial mengelola keuangan secara efisien dengan kontrol 24/7 dan sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan
Generasi milenial saat ini cenderung menginginkan gaya hidup yang serba cepat. Untuk mendukung gaya hidup tersebut, mereka membutuhkan layanan yang dapat memberikan efisiensi waktu serta kebebasan.
Baca juga: OJK Rilis 10 Kebijakan Stimulus dan Relaksasi kepada Emiten atau Perusahaan Publik
Misalnya ada perubahan tren di saat milenial bertransaksi berbagai kebutuhan seperti musik, hiburan, buku, layanan transportasi serta kebutuhan lainnya, yang semuanya dapat secara cepat di akses melalui aplikasi digital dalam smartphone.
Di samping itu, kehadiran pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk meminimalisir kontak fisik. Untuk itu, masyarakat kini lebih banyak melakukan kegiatan sehari-hari secara digital, mulai dari bekerja, sekolah, konsultasi kesehatan, menikmati hiburan hingga berbelanja. Tercatat sebanyak 30% orang telah meningkatkan pengeluaran online mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Kedua hal diatas nyatanya juga turut mempengaruhi kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi dan mengelola keuangan, yakni selama pandemi ini 63% dari mereka mulai memakai aplikasi perbankan digital.
Khusus terkait dengan produk kartu kredit, menurut riset digibank Usability Test Finding tahun 2019, masyarakat ingin mengetahui lebih cepat mengenai informasi approval terkait aplikasi kartu kredit yang tengah diajukan serta limit yang diberikan. Data tersebut menegaskan bahwa milenial menginginkan adanya efisiensi, transparansi dan kepastian yang cepat saat mengajukan aplikasi kartu kredit.
Baca juga: Terlibat Kasus Perdagangan Saham SUGI, OJK Denda Andrew Sahputra Rp75 Juta
Dalam hal pengelolaan kartu kredit, generasi milenial berharap mereka dapat mengendalikan pengeluarannya secara maksimal. Riset tersebut mengungkapkan fakta lainnya, yakni milenial menginginkan adanya kontrol terhadap pengeluaran mereka, serta pengaturan cash flow yang baik agar tetap dapat membayar tagihan dan cicilan tepat waktu.
Fakta menarik lainnya terkait generasi milenial adalah mereka semakin mengutamakan gaya hidup berkelanjutan. Hasil survei dari Komunitas Zero Waste Indonesia menyatakan bahwa lebih dari 50% generasi milenial saat ini merasa bertanggung jawab atas lingkungan, salah satunya dengan meminimalkan penggunaan barang yang berlebihan, memilih produk yang dapat didaur ulang, dan mengurangi penggunaan kertas untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan yang lebih baik.
“Sebagai bagian dari Bank DBS Indonesia yang digerakkan oleh tujuan positif (purpose-driven bank), digibank by DBS menghadirkan solusi multiguna untuk menjawab seluruh kebutuhan masyarakat. Dalam hal memberikan efisiensi waktu, kami menyempurnakan customer journey dengan proses persetujuan kartu kredit serta limit yang diberikan dalam waktu 60 detik,” ujar Head of Card Business, PT Bank DBS Indonesia, Ari Lastina, dalam keterangan tertulis, yang dikutip Media Asuransi, Kamis, 19 Agustus 2021.
Untuk membantu mengendalikan pengeluaran, DBS juga menghadirkan layanan monitoring dan pengaturan kartu kredit yang dapat diakses 24/7. Selain itu, pihaknya juga mendukung gaya hidup berkelanjutan dengan memfokuskan operasional secara digital yang berdampak tidak langsung dapat mengurangi penggunaan kertas
Perkembangan teknologi digital di kalangan milenial saat ini membutuhkan solusi dari kehadiran aplikasi digital yang cepat, efisien, dan berkelanjutan. Dengan adanya perkembangan fitur kartu kredit yang semakin canggih, milenial dapat meningkatkan efisiensi waktu mereka dan terbantu untuk mengelola keuangan mereka dimana semua dapat diakses secara real-time melalui aplikasi digital. Aha
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News