1
1

MNC Grup Rajai Pendapatan Iklan dan Penonton TV Indonesia

Gedung MNC Vision Kebon Sirih. | Foto: mncvision.id

Media Asuransi, JAKARTA – Marketing Corporate Analyst Data Source (Report Adex Nett Assumption) yang dihimpun Grup MNC, sepanjang Juli-September 2021, mengungkapkan jika pangsa belanja iklan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mencapai 51%. 

Angka ini melonjak dari posisi kuartal III/2020 yang sebesar 39%. Grup MNC, melalui RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews mengungguli pangsa belanja iklan yang dikuasai PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang sebesar 24%. 

Baca juga: Cadangan Devisa Oktober 145,5 Miliar Dolar AS

Selanjutnya, pangsa belanja iklan Grup Trans Corp dan Viva Group masing-masing sebesar 10%, Metro 4%, dan Net 1%. Manajemen MNCN, dalam pernyataan resminya mengungkapkan, slot prime time masih menjadi penyumbang pendapatan iklan terbesar bagi MNCN. 

Oleh karena itu, perseroan selalu mengutamakan dan mencadangkan sebagian besar program yang dinilai berkualitas untuk periode 5 jam per hari. Pendapatan dari segmen ini bisa mencapai 56% dari total pendapatan iklan perseroan di kuartal III/2021. Sedangkan sisanya, sebesar 44%, diperoleh dari atau non-prime time

Pangsa pasar pemirsa atau audience share MNCN juga lebih tinggi dibanding kompetitor-kompetitornya. Audience share MNCN tercatat mencapai 45,2% di slot all time dan 52,8% di pangsa pemirsa di slot prime time hingga Oktober 2021.

Baca juga: Tingkat Pengangguran Agustus 2021 Sebesar 6,49 Persen

Sebagai perbandingan, audience share all time dan prime time Grup Emtek masing-masing sebesar 27,8% dan 25,6%, Trans Corp 13% dan 9,8%, Viva 11,5% dan 9,3%, Metro 1,2% dan 1,1%. Sedangkan, audience share Net TV untuk all time dan prime time sama-sama sebesar 1,4%. 

Audience share Grup MNC mengalami penurunan di sepanjang kuartal III/2021 dikarenakan telah berakhirnya EURO 2020 yang ditayangkan pada kuartal II/2021. Audience share Grup MNC di kuartal III/2021 untuk all time sebesar 35,1% dan prime time 35,5%. Pada periode yang sama tahun lalu, audience share untuk all time dan prime time masing-masing mencapai 45,7% dan 53,7%. 

“Memasuki kuartal IV/2021, saya sangat yakin kami dapat mempertahankan pencapaian ini. Dan saat ini kami sedang menyusun pipeline program strategis memasuki tahun 2022 dan saya optimistis bahwa perseroan akan terus dapat mempertahankan dominasinya,” kata Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, dalam laporan tersebut. Aha

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Cadangan Devisa Oktober 145,5 Miliar Dolar AS
Next Post Kembangkan Vaksin Covid-19, Indonesia Ajak Bill Gates

Member Login

or