PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) mengumumkan kerja sama dengan PT Railink, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero), yang merupakan pengelola Kereta Api Bandara. Melalui kolaborasi tersebut, pembelian tiket Kereta Api Bandara dari dan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja secara non tunai melalui layanan perbankan digital Bank Danamon, yaitu aplikasi mobile banking D-Mobile dan Danamon Online Banking.
Wakil Direktur Utama Bank Danamon Michellina Triwardhany menyatakan bahwa kerja sama Bank Danamon dengan Railink adalah jawaban perseroan bagi kebutuhan nasabah dan masyarakat yang ingin menggunakan transportasi publik dari dan ke bandara secara cepat dan mudah. “Railink menyediakan transportasi aman dan nyaman bagi masyarakat, sementara Bank Danamon melengkapinya dengan solusi pembayaran digital yang mudah dan cepat. Sinergi ini juga mengedepankan dukungan layanan perbankan dalam meningkatkan kesadaran penggunaan fasilitas transportasi umum secara non tunai,” katanya dalam rilis yang diterima redaksi Media Asuransi, 26 Maret 2018.
KA Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di pemberhentian Stasiun BNI City di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang. Waktu tempuhnya 55 menit, dalam waktu dekat waktu tempuhnya akan dipersingkat lagi menjadi 40 menit dan rute layanannya diperpanjang hingga ke Bekasi.
PT Railink, sebagai penyedia jasa transportasi kereta api bandara sejak 2013, selain itu juga membangun dan menyiapkan Airport Railway Ticketing System (ARTS) sebagai penunjang operasional KA Bandara Soekarno-Hatta, dengan penerapan pembayaran non tunai (cashless). Para calon penumpang mendapat kemudahan untuk mepemperoleh tiketnya melalui internet booking (ibook) dan aplikasi mobile (mobile apps), selain juga tersedia pada mesin otomatis penyedia tiket (vendingmachine) di stasiun-stasiunnya. PT Railink dan Bank Danamon, bersama dengan beberapa bank nasional lainnya, berkolaborasi bersama untuk mewujudkan layanan kepada masyarakat pengguna KA Bandara Soekarno-Hatta melalui sistem pembayaran yang memungkinkan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, kartu prepaid, e-commerce serta online payment lainnya.
Dengan kerja sama ini, pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking Bank Danamon yaitu D-Mobile serta di Danamon Online Banking. Selain kerja sama dalam metode pembayaran, Bank Danamon juga menggunakan ruang publik pada sarana Kereta Api Bandara, seperti gerbong dan stasiun, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk dan layanan perbankan. “Fasilitas transportasi publik memberikan kesempatan yang baik untuk perkenalan sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang layanan perbankan. Harapan kami, wawasan tersebut pada akhirnya akan berdampak positif terhadap industri transportasi serta perbankan di Indonesia,” tambah Michellina. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News