1
1

Pentingnya Pengkinian Data dan Manfaatnya bagi Nasabah

Media Asuransi, JAKARTA – Pengkinian data adalah proses pembaharuan data pribadi seseorang yang sudah menjadi nasabah di suatu perusahaan penyedia jasa keuangan. Pengkinian data juga diberlakukan oleh perusahaans untuk melindungi kepentingan nasabah. Selain itu agar perusahaan dapat lebih leluasa melakukan komunikasi untuk memberikan informasi terkait pengetahuan asuransi dan kondisi polis nasabah.

Vice President Life Operation Division Sequis, Eko Sumurat, mengatakan bahwa imbauan pengkinian data rutin dilakukan perseroan setiap tahun sebagai bentuk kepatuhan perusahaan pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 23/POJK.01/2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Sektor Jasa Keuangan.

“Perusahaan akan menghubungi nasabah jika ada informasi penting terkait polis atau verifikasi data yang diperlukan terkait klaim nasabah, jika ada informasi penting seputar produk maupun layanan terbaru untuk nasabah. Oleh sebab itu, sangat penting bagi nasabah untuk melakukan pengkinian data secara berkala,” kata Eko dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 20 Oktober 2022.

|Baca juga: Sequis Adakan Customer Gathering untuk Nasabah di Medan

Dia tambahkan, jika nasabah tidak bisa dihubungi atau informasi yang diberikan perusahaan tidak didapatkan oleh nasabah tentu dapat merugikan nasabah. Antara lain dapat mengakibatkan manfaat polis tidak diterima, atau polis bisa sampai batal (lapse) sehingga nasabah tidak terlindungi lagi.

Pengkinian data juga bertujuan melindungi nasabah dari potensi penyalahgunaan data atau tindak kejahatan. Saat ini memang tengah mengemuka soal kebocoran data dan kekhawatiran data pribadi disebar oleh oknum yang ingin mencari untung, dan penyalahgunaan data untuk kegiatan ilegal. Untuk itu, masyarakat perlu berhati-hati saat memberikan data pada pihak lain.

“Sequis merupakan perusahaan asuransi jiwa yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Sequis bertanggung jawab penuh menjaga kerahasiaan data setiap nasabahnya. Sequis juga sudah memiliki sertifikasi berstandar internasional untuk tata kelola sistem keamanan informasi dan perlindungan datanya yakni ISO 27001,” tambah Eko.

Contoh pentingnya melakukan pengkinian data adalah saat Anda lupa membayar premi asuransi maka perusahaan dapat mengingatkan Anda untuk segera melakukan pembayaran premi sebelum jatuh tempo lewat melalui email atau nomor ponsel yang aktif. Demikian juga jika ada dokumen klaim yang perlu dilengkapi, Sequis pun bisa segera menghubungi nasabah.

|Baca juga: Sequis Luncurkan SCIP bagi Nasabah Sequis SOFI

Manfaat lainnya adalah jika ada nasabah Sequis yang memiliki produk asuransi dengan manfaat dana tahapan, manfaat pengembalian premi ketika masa asuransi berakhir atau manfaat akhir polis jika tidak ada klaim selama masa perlindungan maka Sequis tidak akan mengalami kesulitan berkomunikasi dengan nasabah karena data nasabah sudah sesuai atau nasabah mudah dihubungi petugas customer service Sequis.

Pengkinian data meliputi nomor ponsel (handphone) yang terhubung dengan WhatsApp, e-mail aktif, domisili sesuai KTP serta data penting lainnya yang berkaitan dengan kepentingan polis.

Pengkinian data dapat dilakukan melalui sequis.co.id dengan cara mengisi formulir yang tersedia dan melengkapi dokumen fotokopi e-KTP dan NPWP lalu mengembalikan formulir tersebut ke kantor NSC, RSC, atau email ke care@sequislife.com. Pengkinian data juga dapat dilakukan nasabah dengan memperbarui data diri di Sequis App.

Pada Hari Asuransi Nasional tahun ini, Sequis mengajak para nasabahnya melakukan pengkinian data pribadi di sequis.id/FormPengkinianData agar bisa mendapatkan manfaat optimal dari berasuransi.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bank Muamalat Gandeng Perumnas Pasarkan KPR Hijrah
Next Post MARKET BRIEF: Saham-Saham AS Berbalik Melemah

Member Login

or