Media Asuransi, JAKARTA – Saat ingin memilih agen asuransi, kebanyakan calon nasabah akan mencari agen yang memiliki keandalan, pengetahuan, dan kemudahan untuk diajak berkomunikasi. Jika si agen tidak memiliki karakteristik ini, kemungkinan besar klien akan memilih agen lain.
Dunia asuransi adalah dunia yang kompetitif dan berkembang, dengan pertumbuhan yang cukup besar yakni mencapai angka 13% pada tahun 2021. Sebagai hasil dari peningkatan besar-besaran ini, banyak orang tertarik pada industri asuransi. Dan dengan semakin banyak orang yang mempertimbangkan untuk menjadi agen asuransi,
Anda perlu memiliki pakem tertentu yang akan menonjolkan karakteristik agen asuransi Anda.
Tidak hanya perusahaan asuransi domestik saja yang bermain, tapi Anda bisa menemukan banyak juga asuransi dari luar negeri yang merambah pasar Indonesia. Tentunya dengan karekteristik agen mereka yang kuat dan memiliki daya tarik klien.
|Baca juga: Peran Agen Asuransi Vital, dari Jualan sampai Urus Klaim
Apakah Anda Sudah Tahu Apa Itu Agen Asuransi?
Definisi agen asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah “orang yang bekerja sendiri atau bekerja pada badan usaha, yang bertindak untuk atas nama perusahaan asuransi atau perusahaan asuransi syariah dan memenuhi persyaratan untuk mewakili perusahaan asuransi atau perusahaan asuransi syariah”. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agen asurasi mengacu pada wakil perusahaan asuransi yang mencari, mengumpulkan, dan melayani pemegang polis.
Pada dasarnya, pekerjaan agen asuransi sangat berkaitan dengan pemasaran dan penjualan. Agen menjadi jembatan penghubung antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah. Dalam profesi ini, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk berinteraksi dengan calon nasabah atau pun nasabah lama, memperkenalkan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan, dan memberikan penawaran.
Profesi agen asuransi adalah pekerjaan ini bersifat humanis, tidak sekadar mencari keuntungan tetapi dapat memberi dampak sosial bagi sekitar. Dengan memberikan pencerahan tentang perencanaan keuangan dapat menjaga kondisi finansial bila terjadi risiko kehidupan. Selain itu, agen asuransi juga memiliki pengetahuan yang komprehensif terkait dengan produk asuransi yang ditawarkan. Nah, product knowledge ini menjadi aset yang sangat penting untuk dapat memberikan rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.
Apa Saja Kualifikasi yang Harus dimiliki Agen Asuransi?
1. Product knowledge
Dalam menjual jasa sama saja seperti halnya dalam menjual sebuah barang, seorang agen asuransi harus paham betul secara detail produk yang akan dia tawarkan kepada nasabah, apa yang akan dijelaskan seorang agen asuransi kalau bukan terkait produk asuransi yang dia jual? Oleh karenanya, agen asuransi harus menguasai produk asuransi hingga pemahaman terkait perusahaan asuransi yang dia naungi. Hal ini sangat penting untuk membuat calon nasabah yakin bahwa agen tersebut benar-benar paham dan mengerti produk yang dijual dan dapat membuat calon nasabah lebih percaya bahwa nantinya keluhan dan klaim yang diajukan akan ditangani dengan baik.
2. Bekerja secara gesit
Klien mengharapkan Anda untuk bertindak cepat. Anda ingin menunjukkan kepada mereka bahwa Anda siap untuk apa pun yang mungkin mereka lemparkan kepada Anda. Identifikasi potensi keuntungan selama pertemuan klien Anda, dan lihat apa yang paling menjadi perhatian pelanggan Anda dan tawarkan mereka produk yang menjawab kebutuhan itu dengan sempurna.
|Baca juga: Agen Asuransi Masih Dibutuhkan?
3. Jujur
Agen asuransi tidak boleh menyesatkan atau menipu klien mereka untuk menyegel transaksi. Jika Anda tidak jujur dengan pelanggan, Anda tidak hanya menyabot karir diri sendiri, tetapi juga membahayakan reputasi majikan Anda.
4. Kemampuan komunikasi yang baik
Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah hal terpenting yang dimiliki agen asuransi. Agar mampu menyampaikan penjelasan terkait produk dengan rinci dan mudah diterima oleh nasabah maupun calon nasabah, agar mampu memahami pertanyaan yang diajukan orang lain, serta memiliki kemampuan mendengar yang baik sehingga tidak mudah memotong pembicaraan orang lain.
5. Persuasif
Salah satu tujuan penting Anda sebagai agen asuransi adalah untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin. Dengan demikian, Anda perlu tampil sebagai orang yang mengundang orang untuk merasa cukup nyaman memilih Anda daripada agen asuransi lainnya. Pastikan Anda rapi, baik, dan percaya diri saat berbicara dengan klien.
6. Kemauan belajar
Banyaknya jenis produk asuransi, perubahan atau inovasi yang mungkin ada pada setiap produk, membuat agen asuransi harus memiliki rasa ingin terus belajar. Sebagai agen asuransi yang sukses, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengikuti semua pembaruan ini dan siap untuk mempelajarinya.
7. Teliti
Perhatian terhadap detail adalah kualitas utama agen asuransi, terutama karena prosesnya melibatkan penanganan banyak data sensitif pelanggan. Setiap kesalahan penanganan data atau hilangnya informasi penting dapat merugikan Anda dan klien potensial. Pastikan Anda teliti selama proses berlangsung.
8. Open minded
Keterbukaan pikiran adalah karakteristik lain yang harus dimiliki oleh agen asuransi. Bersiaplah berhadapan dengan orang-orang dari segala usia, ras, gender, atau latar belakang. Pelanggan Anda hanya akan setuju untuk bekerja dengan Anda jika mereka merasa diterima. Jadi jangan membangun tembok apapun antara Anda dan klien.
9. Mudah bergaul
Karena sebagian besar pekerjaan sebagai agen asuransi mengharuskan Anda untuk bertemu dengan calon klien, tidak perlu dikatakan lagi bahwa Anda harus memiliki sifat yang mudah bergaul. Anda harus merasa nyaman berada di depan umum, berbicara dengan orang, dan melakukan percakapan yang mencolok dengan mereka.
10. Memiliki semangat tinggi
Terakhir, seorang agen asuransi yang berkualitas perlu menunjukkan semangat dan antusiasme dalam pekerjaannya. Bekerja sebagai pialang asuransi terkadang bisa menurunkan motivasi, tetapi ini bukanlah sentimen yang harus Anda sampaikan kepada klien. Keluarlah dan atur pertemuan Anda berikutnya karena jika tidak, orang lain akan melakukannya!
Itu dia 10 kualifikasi agen asuransi yang baik? Apakah agenmu sudah memiliki 10 karakteristik di atas? Kalau belum, yuk jangan pernah berhenti untuk berubah lebih baik, demi kemajuan agen dan juga kenyamanan nasabah.