Unit Usaha Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Syariah) menerapkan langkah strategis dalam mengembangkan jaringan pemasaran, dengan fokus perekrutan generasi milenial yang sekaligus juga menjadi target pasar asuransi syariah ke depan. Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin dan membuka akses seluas-luasnya bagi para milenial yang ingin memperdalam pemahaman mengenai asuransi syariah.
Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier mengatakan bahwa Allianz telah menyediakan perlindungan asuransi berbasis syariah kepada nasabah dalam 12 tahun terakhir dan akan terus mengembangkan produk serta layanan asuransi syariah ini untuk memenuhi kebutuhan nasabah. “Ke depannya, Allianz Life Syariah akan merangkul generasi milenial sebagai mitra bisnis untuk memberikan peluang bagi mereka mengembangkan bisnis sendiri, membawa perubahan positif dan berbagi kebaikan dengan sesamanya,” ungkap Joos Louwerier.
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Accenture (Customer Segmentation Indonesia) dan Nielsen (Understanding Indonesian Millennials & Online Shopper), generasi milenial memiliki potensi yang besar bisnis asuransi jiwa ke depannya. Namun demikian, untuk dapat menarik minat mereka, dibutuhkan pendekatan yang tepat serta mengutamakan peningkatan pemahaman terlebih dulu sehingga tidak serta-merta menawarkan produk asuransi. Salah satu insight yang menarik dari studi Accenture mengatakan bahwa kebanyakan milenial tidak ingin dirinya menjadi beban finansial keluarga, apabila mengalami dampak dari risiko dalam hidup. Itulah sebabnya asuransi syariah yang mengutamakan prinsip tolong menolong antar-anggotanya menjadi sangat relevan bagi milenial.
Head of Sharia PT Allianz Life Indonesia Srikandi Utami berpendapat bahwa peranan mitra bisnis sangat penting dalam mendukung berkembangnya asuransi syariah. “Pengertian asuransi syariah masih banyak disalahartikan oleh masyarakat. Peran mitra bisnis di sini sangat penting untuk mendukung edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat luas. Perlindungan berbasis syariah ini dapat dimiliki oleh siapapun tanpa memandang status sosial dan keyakinan yang dipeluknya. Sampai saat ini, mitra bisnis Allianz Life Syariah terus bertambah dan siap untuk menyosialisasikan berbagai keunggulan asuransi syariah,” ungkap Srikandi.
Dia tambahkan, untuk mendukung tujuan memperkuat posisi di dalam potensi segmen pasar milenial, Allianz Life Syariah memiliki keselarasan strategi dengan Allianz Life konvensional dalam memberikan fasilitas pelayanan berbasis digital baik kepada mitra bisnis dan nasabah. “Beberapa inisiatif yang sudah dilakukan adalah dengan menyediakan platform layanan pengajuan asuransi, pelayanan terkait informasi polis dan klaim yang dapat dilakukan secara on line,” jelasnya. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News