1
1

Resiliensi dan Inovasi Jadi Strategi Allianz Utama Indonesia Memasuki 2023

Gedung Kantor Pusat PT Asuransi Allianz Utama Indonesia. | Foto: Doc

Media Asuransi, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun membuat beberapa perusahaan asuransi harus menyusun langkah dan strategi untuk tetap survive tanpa harus mengorbankan kualitas, tak terkecuali PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama).

“Kontraksi ekonomi yang sempat terjadi akibat pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi Allianz Utama. Namun, kami dengan cepat menyusun strategi agar tetap mampu memberikan yang terbaik bagi nasabah maupun karyawan. Kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata  Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi, dalam keterangannya, Sabtu, 17 Desember 2022.

Menurut Sunadi, sampai November 2022, Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp628,71 miliar. Dua lini bisnis yang memberikan kontribusi cukup tinggi yaitu asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp210,82 miliar dan asuransi properti sebesar Rp195,07 miliar.

|Baca juga: Allianz Indonesia Terima Apresiasi dari KPK pada Hari Anti Korupsi Sedunia

“Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp207,25 miliar sampai November 2022. Selain itu, sampai saat ini kami memiliki lebih dari 5.800 agen tersertifikasi AAUI yang membantu kami terhubung ke nasabah dan masyarakat,” jelasnya.

Sunadi mengatakan bahwa hasil yang dicapai sepanjang tahun ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras seluruh karyawan. Meskipun tantangan pasca pandemi belum usai, perseroan tetap resilient untuk mencapai tujuan, yaitu memberikan perlindungan asuransi ke lebih banyak orang di Indonesia. “Hal ini kami lakukan dengan cara mengembangkan portofolio produk, memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam beragam pelatihan dan pengembangan kompetensi, serta terus melakukan inovasi yang berkesinambungan,” tuturnya.

Menjadi perusahaan asuransi dengan pengalaman selama 33 tahun membuat Allianz Utama terus beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi. Diantaranya pada November lalu, Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di daerah Jakarta Selatan sebagai anchor garage.

Anchor garage merupakan bengkel rekanan yang menjadi pilihan prioritas dari Allianz Utama untuk semua nasabah. Yang membedakan anchor garage dibandingkan bengkel rekanan pada umumnya adalah keunggulan pelayanan yang sangat menguntungkan nasabah,” jelasnya.

|Baca juga: Allianz Indonesia Terima Apresiasi dari KPK pada Hari Anti Korupsi Sedunia

Nasabah, lanjut Sunadi, dapat mengajukan klaim dengan cara datang ke bengkel atau menggunakan layanan antar-jemput gratis se-Jabodetabek, antrian prioritas untuk nasabah, serta pengawasan ketat pelayanan proses klaim, SLA, dan kualitas pengerjaan atas klaim yang diajukan oleh nasabah Allianz Utama.

Dari sisi inovasi produk, ungkap Sunadi, di tahun 2022 ini Allianz Utama juga meluncurkan asuransi properti terbaru Simple Home Protection. Asuransi ini memberikan perlindungan maksimal untuk rumah tinggal yang dapat dibeli oleh semua nasabah. Allianz Utama juga memiliki produk unggulan seperti asuransi perjalanan Allianz TravelPRO yang menawarkan manfaat perlindungan secara optimal berupa pembatalan dan perubahan perjalanan, dan pengobatan di luar negeri dengan limit memadai, serta dukungan jaringan Allianz Global Assistance dan juga memberikan fasilitas cashless untuk jaminan rawat inap yang memberikan kemudahan bagi nasabah.

“Sementara, Allianz RumahKu Plus menyediakan berbagai jenis perlindungan terhadap risiko-risiko seperti kebakaran, pencurian, kerusakan harta benda, dan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi, dan tsunami. Sedangkan, produk Allianz UsahaKu mampu memberikan perlindungan bisnis dari berbagai risiko. Terakhir  Allianz MobilKu untuk perlindungan risiko kendaraan dengan manfaat bantuan darurat Emergency Road Assistance selama 24 jam dan jaringan bengkel dan call center Allianz Care (24 jam),” pungkasnya.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Tiket Kereta Api Go Show, Solusi Tepat Untuk Perjalanan Dadakan
Next Post Fortune Indonesia (FORU) Siapkan Strategi untuk Bangkit di 2023

Member Login

or