1
1

2022 Grup Astra masih Kuasai Penjualan Mobil Nasional

Menara Astra International di malam hari. | Foto: Astra International

Media Asuransi, JAKARTA– Sepanjang tahun 2022, penjualan mobil Astra dan nasional mencatat pertumbuhan tertinggi sejak munculnya pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh semakin membaiknya roda perekonomian Indonesia serta meningkatnya daya beli masyarakat.

“Sejumlah peluncuran model baru dan dukungan pemerintah juga menjadi faktor pendukung tingginya penjualan mobil pada tahun lalu. Kami berharap pasar mobil pada tahun 2023 ini akan tetap positif di tengah isu pelemahan ekonomi global,”  ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto yang dikutip dari keterangan resminya, Sabtu, (14/1).

|Baca juga: Penjualan Mobil Pecahkan Rekor, Merek Ini Jadi Rajanya

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (Gaikindo ),   PT Astra International Tbk. (ASII) berhasil mencatatkan penjualan mobil  bertumbuh 17,37 persen di 2022.  Penjualan Astra menjadi 574.198 unit dari Januari hingga Desember 2022, tumbuh 17,37 persen dibandingkan pencapaian 2021 sebanyak 489.209 unit.

Dari segi merek, penjualan Toyota dan Lexus paling banyak peminatnya mencapai 332.443 unit di tahun 2022, tumbuh 10,7 persen dari 2021 sebanyak 297.740 unit. Diikuti penjualan Daihatsu sebagai kontributor kedua sebanyak 202.665 unit. Angka tersebut naik 18,6 persen dibanding 2021 mencapai 164.908 unit. Urutan ketiga merek Isuzu kontribusinya 36.646 unit, naik 27,3 persen dibandingkan 2021 sebanyak 26,636 unit.  Berikutnya adalah UD Trucks menyumbang 1.993 unit, yang mengalami lonjakan hingga 66,8 persen dari tahun sebelumnya  hanya 660 unit. Sementara, Peugeot juga mengalami peningkatan sebanyak 451 unit, dari 2021 hanya 265 unit.

Sedangkan, penjualan mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) dari Astra mencapai 186.649 unit juga mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumya sebanyak 146.520 unit. Data Gaikindo juga menunjukkan bahwa kendaraan roda empat keluaran Grup Astra masih memegang pangsa pasar mayoritas mencapai 55 persen di 2022. Adapun, market share dari LCGC Astra tercatat 75 persen dari kendaraan sejenis dari merek lainnya.

Editor: Wahyu Widiastuti

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Kesepakatan Pendanaan Startup di Indonesia pada 2022 Naik 14% senilai US$3,71 Miliar
Next Post Mengenal Beberapa Istilah di Reksa dana

Member Login

or