1
1

Misi Dagang ke Arab Saudi Sukses, Indonesia Kantongi Kontrak Dagang Rp2,3 Triliun

Kegiatan di pelabuhan peti kemas tanjung priok. | Foto: JITC

Media Asuransi, JAKARTA – Indonesia dan Arab Saudi sepakati 8 kerja sama antarpelaku usaha pada Senin, 23 Januari 2023 di Kantor Federation Saudi Chamber, Jeddah, Arab Saudi. Kesepakatan kerja sama tersebut terdiri atas kontrak dagang, perjanjian kerja sama, dan nota kesepahaman (MoU) dengan nilai kontrak lebih dari US$155,7 juta atau Rp2,3 triliun.

Menteri perdagangan RI, Zulkifli Hasan, yang ikut menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut mengatakan bahwa misi dagang Indonesia ke Arab Saudi berjalan sukses. Mendag pun berharap kesepakatan kerja sama ini akan memajukan sektor perdagangan antara ke dua negara tersebut.

|Baca juga: Implementasi IK-CEPA, Jalan Tol Dagang Indonesia-Korsel

“Saya menyambut baik penandatanganan kontrak dagang, perjanjian kerja sama, dan MoU antara pelaku usaha Indonesia dan Arab Saudi. Diharapkan kerja sama ini akan terus berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar dan dengan komoditas yang semakin banyak jenisnya,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan resminya, dikutip Selasa, 24 Januari 2023.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, pada penandatanganan kerja sama tersebut, pelaku usaha Indonesia akan mengekspor sejumlah komoditas ke Arab Saudi berupa bahan pangan, RBD palm olein, minyak goreng, produk ikan dan olahannya, daging, sayuran, dan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi telur, dan arang.

Mendag juga menyampaikan, dari penandatanganan 8 kerja sama tersebut, terdapat 2 MoU yang dikhususkan untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji dan umrah. “MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji ditujukan untuk komoditas ikan dan olahannya dalam berbagai kemasan, serta daging dan sayuran dalam berbagai jenis kemasan,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan juga menegaskan, perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri, salah satunya di Arab Saudi akan selalu siap membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan ekspornya. “Perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri selalu siap membantu para pelaku usaha Indonesia untuk mempromosikan produk-produknya, serta memperluas pasar dan meningkatkan ekspornya,” ungkapnya.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Merdeka Copper (MDKA) Selesaikan Buyback 61,47 Juta Saham Terserap
Next Post Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Ditargetkan Selesai Mei 2023

Member Login

or