1
1

Pengguna DANA Naik Jadi 135 Juta di 2022

Chief Executive Officer DANA Indonesia, Vince Iswara melaporkan kinerja akhir tahun 2022. | Foto: Doc

Media Asuransi, JAKARTA – DANA melaporkan kinerja akhir tahun 2022 mengalami pertumbuhan positif. Penetrasi pembayaran digital dan layanan keuangan DANA telah mencapai lebih dari 135 juta pengguna, naik 42%  lebih tinggi dari pada tahun 2021 yang hanya sebanyak 93 juta pengguna.

Pertumbuhan DANA bersifat organik dengan perluasan tidak hanya di top tier city tetapi meluas ke berbagai daerah. Pada tahun 2022, DANA sudah hadir di lebih dari 50% kota di luar top 20 cities Indonesia dengan penetrasi yang sangat pesat di daerah rural.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan para pengguna dan mitra DANA selama ini, salah satunya terlihat pada rata-rata transaksi harian pada Desember 2022 terdapat pertumbuhan hingga 2.5 kali lipat dibanding Desember 2021,” ujar Chief Executive Officer DANA Indonesia, Vince Iswara, dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 26 Januari 2023.

Vince menilai pencapaian tersebut merupakan momentum bagi DANA sebagai solusi keuangan modern untuk terus menyebarkan nilai, inovasi, serta produk dan layanan DANA yang maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan.

|Baca juga: OVO, DANA, & GoPay Kuasai Pasar Pembayaran Digital di Indonesia  

“Melalui inisiatif program, teknologi serta kolaborasi dengan regulator Bank Indonesia, DANA berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan, kenyamanan, dan pengalaman terbaik bagi kebutuhan keuangan dan gaya hidup sehari-hari para pengguna,” lanjut Vince.

Vince berharap DANA dapat terus memberikan solusi keuangan modern yang paling sesuai yang melampaui demografi, usia dan bermanfaat bagi masyarakat dan segmen bisnis Indonesia. “Tahun ini dan seterusnya, DANA terus mengakselerasi kekuatan kami dalam mengintegrasikan teknologi dan layanan keuangan dalam membangun ekonomi digital Indonesia,” jelasnya.

Dia tambahkan, DANA akan terus menjalin kerja sama erat dengan mitra bisnis dan regulator dalam mewujudkan keuangan modern. “Berkat kolaborasi erat dengan Bank Indonesia, DANA dapat membantu misi negara dalam memperluas penyediaan infrastruktur akses layanan keuangan melalui QRIS Cross Border DANA yang sudah tersedia di Thailand,” kata Vince.

Berdasarkan survei YouGov ‘Bank and Payment System Considerations Ranking’ yang dipublikasikan pada Desember 2022, DANA menempati peringkat pertama ‘Top Improver Indonesian and Payment System Brand’.

Managing Director Xendit, Mikiko Steven, mengatakan bahwa dalam implementasi kemitraannya, DANA sebagai dompet digital yang menerapkan ekosistem terbuka dalam sistem operasinya juga berkolaborasi dengan Xendit, perusahaan teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran untuk Indonesia. DANA menjadi salah satu jenis pembayaran transaksi dalam ekosistem  Xendit Group.

“Pembayaran melalui uang elektronik adalah jenis pembayaran yang paling cepat tumbuh di Asia Tenggara (15% dari seluruh pembayaran digital) dan diprediksi akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Transaksi uang elektronik sendiri di Xendit meningkat, khususnya DANA tumbuh 6 kali lipat dalam setahun dengan volume lebih dari Rp 4 triliun,” ujar Mikko.

Mikko berharap, dengan melalui kerja sama Xendit dengan DANA diharapkan semakin banyak masyarakat khususnya pelaku bisnis yang memanfaatkan peluang pertumbuhan digital agar perekonomian juga meningkat. “Sebagai perusahaan teknologi finansial kami berupaya mendukung mendukung  pemerintah untuk mewujudkan literasi keuangan digital masyarakat,” pungkasnya.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Ekspor Indonesia ke Swiss Melonjak 60 Persen
Next Post Anggota Komisi XI DPR RI: Industri Padat Karya Bisa Manfaatkan Program Pemerintah

Member Login

or