1
1

Kinerja Surya Citra Media (SCMA) Terdorong Siaran Piala Dunia

Gedung penyiaran televisi PT Surya Citra Media Tbk. | Foto: Arieff Wahyudi
Media Asuransi, JAKARTA – Kinerja emiten televisi PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) terangkat oleh event Piala Dunia 2022. Ke depan, kinerja SCMA diperkirakan akan kembali terangkat oleh perhelatan Piala Dunia FIFA U-20 2023.

Melalui Daily Write Up bertajuk Surya Citra Media (SCMA IJ) – 4Q22F preview: Boosted by World Cup, analis Mirae Sekuritas, Christine Natasya, menjelaskan bahwa pangsa pemirsa SCMA sempat tertinggi pada November 2022 saat Piala Dunia mulai ditayangkan pada 20 November. Pangsa pemirsa SCTV pada prime time, mencapai 24,7% pada November, tertinggi dibandingkan dengan stasiun TV lainnya.

|Baca juga: Performa Marjin Surya Citra Media (SCMA) Diramal Bakal Membaik

Namun, pangsa pemirsa kemudian menurun menjadi 21,8% pada bulan Desember, bersamaan dengan audience share waktu prime time perusahaan (34,5% pada Desember 2022 vs. 38,9% pada November). Penurunan tersebut dapat dikaitkan dengan proses analogue switch-off (ASO).

“Kami memproyeksikan pendapatan 4Q22F berada di Rp1,9 triliun (+29,4% yoy). Sebagai catatan, 65% dari biaya Piala Dunia dibayarkan pada 3Q22 secara cash tetapi 70% dari biaya tersebut di-book sebagai program cost pada 4Q22, yang menurut kami akan menyebabkan GPM tertekan pada kuartal tersebut. Di 2023F, kami berharap SCMA membukukan margin yang lebih baik dibandingkan dengan 2022F,” jelasnya.

Meskipun pendapatan 1Q23F melambat, Christine berharap SCMA membukukan pendapatan yang lebih tinggi di 2Q23F terutama berasal dari Piala Dunia FIFA U-20 2023.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Premi dan Komisi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Turun Signifikan pada 2021
Next Post Presiden Dorong OJK Agar Tingkatkan Pengawasan Produk Keuangan

Member Login

or