Media Asuransi, JAKARTA – Zurich Insurance Group (Zurich) melaporkan laba yang sangat kuat selama setahun penuh 2022, dengan laba operasi bisnis (BOP) tertinggi sejak 2007.
BOP setahun penuh 2022 adalah US$6,5 miliar, meningkat 12% dibandingkan dengan US$5,7 miliar pada tahun 2021, dengan peningkatan di hampir semua segmen operasi. Hal ini menghasilkan laba operasi bisnis setelah pengembalian pajak atas ekuitas (BOPAT ROE) sebesar 15,7%, tertinggi sejak tahun 2009, dan jauh di atas target 2020-2022 sebesar >14%.
Laba bersih setelah pajak yang diatribusikan kepada pemegang saham adalah US$4,6 miliar, turun 12% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Hal ini terutama didorong oleh tingkat keuntungan modal yang lebih rendah, kerugian bersih atas divestasi bisnis, dan biaya hiperinflasi yang terkait dengan bisnis Amerika Latin, yang mengimbangi tingkat BOP yang lebih tinggi.
|Baca juga: Zurich Insurance Pimpin Pendanaan Seri B Insurtech BOXX Insurance
Hal ini menyebabkan laba per saham (EPS) sebesar US$30,8 dengan basis terdilusi penuh. Disesuaikan dengan dampak satu kali dari kerugian US$260 juta atas pelepasan yang terjadi pada paruh kedua tahun 2022, terutama didorong oleh penjualan buku warisan Italia, EPS adalah US$32,2, sesuai dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 5,1% dibandingkan dengan tahun 2019.
Group Chief Executive Officer, Mario Greco, mengatakan bahwa pihaknya telah melampaui target keuangan perseroan untuk periode tiga tahun kedua berturut-turut. “Ini adalah tahun-tahun yang sulit dengan tantangan tak terduga, karena kami harus tetap gesit dan fokus pada tujuan kami. Kami terus menjalankan strategi kami dengan disiplin yang kuat dan berhasil mendorong hasil kami untuk mencapai target. Saya ingin berterima kasih kepada semua kolega saya, pelanggan kami, dan mitra kami atas pencapaian luar biasa ini,” kata Mario dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 10 Februari 2023.
Mario juga menambahkan, bahwa bisnis P&C hari ini melaporkan rasio gabungan yang sangat baik dan yang lebih penting menunjukkan pertumbuhan top-line dua digit. Harga yang disesuaikan dengan risiko yang lebih tinggi dalam asuransi komersial dan kemajuan terukur yang berkelanjutan menuju ambisi pertumbuhan kami membawa premi bruto tertulis P&C ke tingkat rekor.
“Bisnis life mencapai keuntungan tertinggi yang pernah ada, dengan konsumsi modal yang sangat ringan. Neraca kami tetap bagus, terutama seiring kemajuan penjualan Life back di Eropa. Ini, bersama dengan hasil operasi kami yang kuat, memungkinkan kami untuk mengusulkan kenaikan 9% dalam dividen per saham menjadi CHF 24,” kata Mario.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News